Cara Menghasilkan Uang, dan Cara agar Uang Terus Berkembang

Cara Menghasilkan Uang, dan Cara agar Uang Terus Berkembang

Naviri Magazine - Untuk meneruskan kehidupan, kita butuh makan, minum, pakaian, dan lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita membutuhkan uang sebagai alat tukar. Dan karena upaya mendapatkan uang itu pula, kita pun bekerja, atau berusaha. Ada yang menjadi karyawan di kantor atau perusahaan, ada yang menjadi tenaga profesional, ada yang menjadi pekerja freelance, dan lain-lain.

Kenyataannya, cara orang mendapatkan uang memang bisa dari beragam cara. Selain cara kerja yang berbeda, kita juga bisa menghasilkan uang dari tempat berbeda. Karena penghasilan seseorang setidaknya bisa datang dari tiga tempat berbeda. Berikut ini uraiannya.

Pendapatan aktif (active income)

Pendapatan aktif dapat didefinisikan sebagai pendapatan hasil kerja sehari-hari. Misal Anda bekerja sebagai pegawai swasta, pemerintah, pemilik toko, pengacara, dokter atau lain-lain.

Pendapatan aktif ciri-cirinya; ketika kita berhenti bekerja maka pendapatan kita akan berhenti. Jadi untuk mendapatkan pendapatan aktif, kita harus bekerja terus menerus.

Pendapatan portofolio

Pendapatan portofolio adalah pendapatan hasil dari berinvestasi pada aset-aset kertas. Mungkin ada yang bingung apa itu aset-aset kertas.

Investasi pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu investasi pada aset real (bisa kita rasakan, misal rumah, perhiasan, kendaraan dan lain-lain), dan investasi pada aset kertas (reksadana, saham, kontrak berjangka, dan lain-lain).

Pendapatan pasif (passive income)

Pendapatan pasif adalah pendapatan yang berasal dari bisnis. Sederhananya, pendapatan pasif adalah ketika kita berhenti bekerja, uang tetap terus mengalir karena ada sistem yang bekerja mencarikan uang untuk kita.

Contoh pendapatan pasif adalah menyewakan rumah, memiliki pom bensin, menyewakan kendaraan, dan lain-lain.

Bagaimana cara agar memiliki pendapatan pasif? 

Salah satu caranya, kita bisa mengonversi atau mengubahnya ke aset-aset yang dapat menghasilkan pendapatan untuk kita. Tentunya, agar aset dapat mendatangkan uang, kita harus memiliki sebuah mesin atau sistem bisnis.

Kira-kira, apa keuntungan memiliki pendapatan pasif? Tentu saja fleksibelitas waktu (kita tidak perlu bekerja keras mengejar uang, tetapi uang datang karena adanya dukungan sistem) dan memungkinkan kita bebas keuangan (financial freedom). Coba bayangkan jika pendapatan pasif kita lebih besar dari pengeluaran bulanan, bukankah menyenangkan?

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dengan Berinvestasi Obligasi

Related

Money 4875603503709928322

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item