Begini Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Mobil

Begini Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Mobil

Naviri Magazine - Normalnya, berada di dalam mobil memberikan ketenangan dan kenyamanan, karena berada di ruang tertutup. Tidak kena panas, juga tidak kena hujan. Namun, jika mobil tidak dirawat dengan baik, berada di dalamnya bisa menyiksa. Misal karena bau tak sedap.

Biasanya, mobil yang berbau tidak sedap karena sering terpapar asap rokok. Jika orang merokok di dalam mobil, meski jendela dibuka, asap rokok tetap akan menempel pada bagian-bagian mobil. Lama-lama, hal itu akan menimbulkan aroma tidak sedap, yang sulit dihilangkan.

Kalau mobil yang kita kendarai kebetulan memiliki masalah seperti itu, ada cara untuk membersihkan nikotin dan zat berbahaya dari asap rokok lainnya pada bagian-bagian interior mobil, yakni menggunakan cuka putih.

Caranya, letakkan satu gelas cuka putih di cup holder dan satu mangkuk cuka putih lainnya di lantai mobil. Biarkan cuka putih berada dalam mobil yang semua lubang ventilasinya sudah tertutup rapat, selama satu hari atau lebih.

Setelah itu, bersihkan seluruh bagian interior mobil menggunakan cairan pembersih agar debu dari rokok lenyap. Cuci semua karpet dan jok dengan air bertekanan tinggi, ditambah sampo yang bisa menghilangkan bau. Sikat semua bagian, agar kotoran tidak lagi menempel. Filter kabin juga perlu diganti agar tidak ada lagi debu dan kotoran menempel yang membuat bau tidak sedap.

Menurut catatan Auto Guide, kotoran dari asap rokok yang menempel di jok berlapis kain (fabrique) akan lebih sulit dibersihkan dibandingkan jok kulit. Kotoran masuk ke dalam pori-pori kain sehingga sulit untuk dijangkau. Kalau sudah begitu, kain jok harus dibersihkan secara intensif atau diganti kalau sudah terlalu parah.

Aktivitas merokok di manapun khususnya di kendaraan punya risiko kesehatan. Saat merokok di dalam mobil, ancaman risiko itu tak hanya bakal terjadi bagi perokok, tapi juga siapapun penumpang lainnya.

Baca juga: Yang Perlu Dilakukan Jika Indikator Mesin Mobil Menyala

Related

Tips 5607705378321411209
item