Cara Mudah Menghitung Pajak PPh 21 Untuk Pekerja Lepas

Cara Mudah Menghitung Pajak PPh 21 Untuk Pekerja Lepas

Naviri Magazine - PPh 21 adalah pajak yang ditujukan untuk para pekerja lepas atau freelance. Berbeda dengan pekerja tetap yang pajaknya biasa dipotong secara otomatis oleh pihak perusahaan, para pekerja lepas atau freelance harus menghitung dan memotong sendiri pajaknya, yang dihitung dari besaran penghasilan yang diperoleh.

Pekerja lepas yang wajib membayar pajak adalah yang memiliki penghasilan lebih dari Rp4.500.000 per bulan. Yang masih jadi tanda tanya sebagian orang, mungkin, adalah tentang cara menghitung pajaknya.

Saat ini memang sudah mulai bermunculan jasa konsultan pajak yang mampu membantu individu yang mendapatkan penghasilan dari pekerjaan tidak tetap. Jasa mereka tergolong mahal, dan mungkin saja wajib pajak tidak sanggup membayar jasa mereka.

Selain itu, masih muncul juga keraguan, apakah para konsultan pajak memiliki kompetensi yang tepat. Misalnya, belum tentu konsultan pajak A memiliki kompetensi penghitungan yang sama dengan konsultan pajak B. Jika ini terus terjadi, maka dapat memengaruhi kalkulasi potongan pajak yang nantinya dibayarkan.

Oleh karena itu, saat ini mulai bermunculan berbagai program komputer yang dibuat untuk memudahkan cara menghitung PPh 21. Terdapat dua jenis program komputer yang saat ini bisa kita coba, untuk mengetahui cara menghitung PPh 21.

Solfina

Solfina merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk menghitung penggajian karyawan di sebuah perusahaan. Melalui software ini, para pekerja lepas atau freelance bisa menghitung sendiri berapa nilai pajak yang mereka bayarkan.

Untuk dapat menggunakan Solfina, kita harus mengunduh software-nya terlebih dahulu. Setelah dipasang ke perangkat komputer, Solfina mulai bisa digunakan untuk mengetahui cara menghitung PPh 21 kita sendiri.

Solfina memberikan modul lengkap tentang pajak bagi pegawai tidak tetap atau harian. Modul tentang gajian mingguan, baik mengunakan kurs rupiah atau mata uang asing, hingga menghitung PPh Net dan Gross.

Gadjian

Selain Solfina, terdapat satu lagi pemrograman komputer yang diberi nama Gadjian, yang dapat digunakan untuk mengetahui cara menghitung PPh 21.

Tidak jauh berbeda dengan Sofina, Gadjian juga menawarkan berbagai macam pengelolaan penghitungan PPh 21.

Melalui program komputer ini, Gadjian menawarkan perhitungan pembayaran pajak bagi karyawan tidak tetap, baik secara bulanan dan tahunan.

Selain itu, metode penghitungan yang digunakan pun sesuai dengan standar penghitungan yang sudah ada, yaitu metode Gross, Gross Up, dan Net. Kita juga dapat mengunduh hasil penghitungan pajak untuk di-input ke dalam sistem e-SPT, PPh 21.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Menghitung Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Related

Tips 6485649497466118721

Recent

item