Cara Pria Korea Selatan Merawat Wajah Hingga Sangat Tampan

Cara Pria Korea Selatan Merawat Wajah Hingga Sangat Tampan

Naviri Magazine - Pria-pria Korea Selatan, khususnya yang sering kita saksikan di film, drama, atau di panggung musik, memiliki ciri khas, yaitu wajah tampan dan bersih. Sepertinya mereka memang rajin melakukan perawatan wajah dan tubuh, sehingga memiliki penampilan yang begitu bersinar. Bagaimana para pria Korea Selatan merawat wajahnya?

Setidaknya ada 10 langkah yang biasa dilakukan untuk membuat kulit wajah tetap prima. Produk-produk yang digunakan di antaranya pembersih minyak pada wajah, sabun muka, kapas pengangkat sel kulit mati, penyegar, essence, serum, masker, krim mata, pelembap, dan tabir surya.

Salah satu produk yang paling banyak digunakan ialah masker. Jin, personel BTS, berkata kepada Allure bahwa ia selalu mengenakan masker setelah wajahnya terkena paparan sinar matahari.

“Sheet mask melembapkan dan mencerahkan wajah saya,” katanya.

Hal serupa juga diungkap oleh selebritas Eric Nam. Refinery 29 menulis bahwa Nam mengenakan masker dua kali dalam seminggu. “Saya mengaplikasikan molding masks yang terbuat dari campuran bubuk atau gel yang diusap pada wajah,” tuturnya.

Tren perawatan wajah ala selebritas pria Korea ini akhirnya banyak ditiru publik, terutama di dalam negeri mereka. The Washington Post pernah menulis bahwa pada 2015, para pria asal Korea Selatan adalah pria yang paling gemar berbelanja kosmetik.

Nilai industri perawatan wajah pria di Korea Selatan mencapai 1,5 miliar dolar. Setiap tahun, peningkatan jumlah belanja kosmetik di negara tersebut ada pada persentase 9 persen.

“Di Korea Selatan, tampil muda dan aktif dianggap sebagai hal yang sangat menarik,” kata Eric Min, Editor in Chief Luel, majalah gaya hidup pria.

Kang, salah satu narasumber The Washington Post, mengatakan bahwa karakter masyarakat Korea sangatlah kompetitif. "Selain itu, anak muda merawat wajah untuk meningkatkan jenjang karier selagi mencari pacar. Tampak terawat jelas nilai tambah," ujarnya.

Pengaplikasian produk perawatan wajah dan kosmetik juga dilakukan oleh mereka yang melalui masa wajib militer. Sydney Morning Herald menyatakan bahwa pelembap, sabun muka, dan masker wajah, adalah tiga produk yang biasa digunakan para tentara Korea Selatan untuk merawat wajah.

Sebagian mereka menggunakan BB cream, krim wajah yang mengandung pelembap, foundation, dan tabir surya; untuk melindungi kulit dari polusi udara. Ada pula yang mempercayakan perawatan dengan menggunakan penyegar dan krim wajah yang mengandung lendir siput.

Besarnya minat para anggota wajib militer terhadap produk kecantikan sempat membuat perusahaan kosmetik Amore Pacific melansir masker dan kosmetik yang diciptakan sesuai kebutuhan tentara di medan perang.

Kini, fenomena penggunaan produk kecantikan tersebut telah berkembang ke tren bedah plastik. Business Insider pernah mewartakan bahwa jenis bedah yang diminati pria Korea adalah pembentukan kelopak mata, operasi hidung, dan suntikan, guna mencerahkan kulit. Perawatan non bedah seperti botox dan face countouring jadi jenis perawatan yang diminati.

Lee Hyun Taek, dokter yang terbiasa menangani pasien perawatan wajah non bedah, berkata bahwa permintaan terhadap dua jenis perawatan tersebut meningkat sebanyak 5-10 kali lipat sejak 2002.

Belakangan, jenis perawatan wajah tersebut diikuti dengan bedah untuk membentuk perut six pack. Hal tersebut dilakukan para pria dalam rangka memenuhi persepsi tampan ideal ala mereka: wajah bersinar dan perut atletis.

Baca juga: Penyebab Orang Asia Awet Muda, dan Bule Tampak Cepat Tua

Related

Male 3090057810543653619
item