Fakta-fakta Tersembunyi di Balik Film Horor The Nun

 Fakta-fakta Tersembunyi di Balik Film Horor The Nun

Naviri Magazine - Film The Nun mengisahkan seorang biarawati muda yang tinggal di biara terpencil Rumania, yang mengakhiri kehidupannya seorang diri. Setelah kematiannya, seorang pendeta, dan ditemani seorang calon biarawati yang dikirim oleh Vatikan, bermaksud menyelidiki kasus kematian itu.

Bersama-sama, mereka mengungkap rahasia yang tidak terduga, dan menghadapi kekuatan jahat dalam wujud biarawati iblis.

Lama proses syuting

Proses syuting film The Nun dimulai sejak Februari 2017 lalu, dan memakan waktu hingga 27 minggu. Sebagian besar syuting dilakukan di sebuah lokasi bekas benteng militer di Rumania, yang digunakan sebagai latar tempat suster Irene menyelidiki kematian biarawati.

Film yang khusus menceritakan asal usul Valak

Setelah Valak dari film The Conjuring 2 (2016) terbukti menjadi tokoh horor antagonis yang populer, tidak heran bila tokoh hantu biarawati ini juga punya kisahnya sendiri, menyusul film horror boneka Annabelle (2014) yang sudah memiliki 2 film sampai saat ini.

Film The Nun merupakan penampilan ketiga dari tokoh Valak dalam film, sebelumnya tokoh ini tampil dalam film The Conjuring 2 dan film Annabelle: Creation.

Wujud iblis Valak yang sebenarnya

Berdasarkan fakta, nama Valak diadaptasi dari suatu kisah mitologi. Sosok yang digambarkan dalam film The Conjuring 2 dan The Nun sangat berbeda dengan versi mitologi. Dalam versi mitologi, Valak digambarkan sebagai sosok anak kecil dengan sayap malaikat yang menunggangi naga berkepala dua.

Menurut sutradara James Wan, tokoh Valak sebenarnya terinspirasi dari sosok makhluk halus yang pernah menghantui paranormal Lorraine Warren di rumahnya. Lorraine menggambarkan sosok tersebut sebagai makhluk halus yang mengenakan kerudung.

Mengundur jadwal penayangan

Pada awalnya, film The Nun akan rilis secara global di bioskop pada pertengahan Juli (2018) tetapi diundur 2 bulan berikutnya, demi menyesuaikan perayaan Halloween pada 7 September, dengan maksud menuai sukses secara Box Office seperti yang diraih film sebelumnya, yang menghasilkan lebih dari 700 juta dolar.

Film The Nun tayang di Indonesia lebih cepat 2 hari dari tanggal rilis di negara asalnya, 5 September 2018.

Konten iklan film dicekal

Sebuah iklan yang mempromosikan film The Nun ditarik dari situs YouTube. Ada beberapa pengguna yang mengeluhkan klip iklan berdurasi lima detik tersebut menampilkan jumpscare yang 'terlalu menakutkan'.

Sampai akhirnya pihak admin menghapus iklan tersebut, dan meminta maaf dengan mengklaim bahwa itu bukan niat mereka untuk mempublikasikan konten iklan yang berpotensi untuk 'mengejutkan' pengunjung situsnya.

Alur waktu semesta film Conjuring

Film The Nun mengambil latar tahun 1952, ketika seorang imam Katolik dan seorang suster dikirim oleh Vatikan untuk menyelidiki kasus bunuh diri misterius seorang biarawati di Biara Carta. Film inilah yang akan menjadi asal-usul karakter Valak hingga berlanjut dalam semesta film The Conjuring.

Film The Nun menampilkan Valak yang terlihat lebih intens dari sebelumnya. Kejadian dalam film The Nun berlangsung sebelum film Annabelle: Creation. Sedangkan untuk Film The Conjuring, keduanya berlangsung pada tahun 1971 dan 1977.

Film Annabelle: Creation mengambil latar yang tidak terlalu jauh dari film The Nun, karena berlatar kejadian pada tahun 1955, berlanjut menuju film Annabelle (2014) yang terjadi pada tahun 1970. Pada waktu yang akan datang, The Nun bisa jadi kembali dalam proyek film The Conjuring 3.

Kehadiran "hantu" di lokasi syuting

Sutradara Hardy menemukan "jejak tangan" misterius yang tercetak pada debu saat syuting di Benteng Corvin. Lalu, ketika sedang melakukan pengambilan sebuah adegan di benteng Romawi kuno di Mogosoaia, Hardy melihat penampakan 2 hantu tentara Rumania yang 'penasaran' dengan produksi film The Nun. Seorang pendeta juga didatangkan untuk memberkati proses produksi film.

Makam buatan

Proses produksi juga membangun sebuah gereja besar bernama Abbey of St Carta, yang terletak di Castel Film Studios. Castel Film Studios di Izvorani berjarak sekitar 23 mil arah utara Kota Bucharest, di dalamnya terdapat empat makam untuk dijadikan latar lokasi adegan di pemakaman.

Masing-masing makam memiliki empat buah foto yang merupakan wajah sutradara Corin Hardy, penulis skenario Gary Dauberman, pengarah fotografi Maxime Alexandre, dan produser eksekutif Michael Clear.

Larangan melakukan syuting di gereja

Proses produksi film mendapat larangan syuting ketika menggunakan salah satu gereja di Rumania sebagai latar lokasinya. Para kru film lalu berusaha mencari cara lain dengan membangun apa yang mereka butuhkan.

Salah satu perancang produksi, Jennifer Spence, beserta sang sutradara, melakukan beberapa pengukuran serta pengambilan foto-foto gereja di desa bernama Sussex. Sedangkan di lokasi lain, saat syuting berlangsung di Kastil Gothic-Renaissance Corvin, Hunedoara, Spence membuat pintu masuk palsu dari salah satu dinding benteng.

Penggemar sekaligus aktor

Jonas Bloquet, yang memerankan karakter Frenchie, sebelumnya merupakan penggemar film yang sekadar menonton film The Conjuring dan The Conjuring 2 di layar lebar. Sampai akhirnya pihak produksi film memanggil penonton yang sudah enam kali menyaksikan kedua film The Conjuring untuk memerankan salah satu tokoh yang ada dalam film The Nun.

Baca juga: Misteri Kutukan Mengerikan di Balik Film Superman

Related

Film 2309134538033673083

Recent

item