Fakta-fakta Unik, Menarik, dan Mencengangkan Seputar Google

Fakta-fakta Unik, Menarik, dan Mencengangkan Seputar Google

Naviri Magazine - Google telah menjadi bagian tak terpisahkan dengan internet, dan itu artinya juga menjadi bagian tak terpisahkan dari miliaran orang di dunia. Kini, setelah 20 tahun eksis di dunia, Google bahkan telah menjelma sebagai perusahaan raksasa. Padahal, asal mula Google hanya sebuah proyek penelitian Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford, pada 1996.

Saat ini, rata-rata Google memproses sekitar 40.000 pencarian setiap detik. Artinya, ada 3,5 miliar pencarian per hari (menurut Forbes). Dan karena itu, mesin pencarian paling populer di Bumi ini menjadi lebih dari sekadar mesin pencari: Google menjadi platform iklan, sebuah model bisnis, dan pengumpul informasi pribadi yang tekun.

Setiap kali kita melakukan pencarian, sedikit demi sedikit Google akan mengetahui lebih banyak tentang preferensi dan kebiasaan kita - tapi sebanyak apa kita tahu soal Google? Berikut beberapa fakta menarik yang mungkin akan mengejutkan.

Nama

Apa artinya Google? Dulu tidak ada artinya. 'Google' sebenarnya sebuah salah ejaan dari istilah matematika 'googol' untuk menyebut 1 diikuti 100 nol.

Ada beberapa kisah yang agak diragukan sebenarnya tentang bagaimana, di awal-awal Google, ada seorang teknisi atau mahasiswa yang salah mengeja. Kesalahan itu kemudian menyebar, dan kata baru itu pun tak lagi bisa diganti. Dan Google pun 'lahir'.

'Backrub' atau pijat punggung

Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, awalnya menamai Google dengan 'Backrub'. Tak ada hubungannya dengan pijat punggung, tapi mereka merujuk ke sistem pencarian dan pengurutan halaman berdasarkan tautan balik.

Bercanda

Di Google, tak semuanya selalu soal bisnis, ada sisi main-mainnya juga. Cari saja makna kata 'askew' yang berarti miring, dan lihat sendiri apa yang terjadi.

Kambing

Menurut Google, mereka mendukung berbagai inisiatif hijau, dan salah satunya adalah mengganti pemotong rumput dengan kambing.

Lapangan rumput yang luas di markas Googleplex di Mountain View, California, perlu dirawat secara teratur, jadi Anda akan melihat sekitar 200 kambing yang membantu 'memotong rumput' di sana.

Bisnis yang berkembang

Selain membuat GMail, Google Maps, Google Drive, Google Chrome, Google rata-rata telah mengakuisisi satu perusahaan setiap minggu sejak 2010. Perusahaan seperti Android, YouTube, Waze, dan AdSense, dimiliki oleh Google, dan masih ada 70 perusahaan lainnya.

Doodle

Kompetisi "Doodle 4 Google" mengundang pelajar di AS untuk menggunakan bakat seni mereka untuk merancang ulang halaman utama Google yang dilihat jutaan orang.

Google Doodle pertama sebenarnya adalah "pesan keluar dari kantor" pada 30 Agustus 1998: saat itu ada gambar sosok Burning Man yang berdiri di belakang o kedua di tulisan Google.

Ide itu muncul saat Larry dan Sergey pergi ke Festival Burning Man di Nevada, dan ingin memberi tahu para pengguna bahwa mereka tidak ada di kantor untuk membantu jika ada persoalan teknis.

Sejak itu, Doodle menjadi tradisi di Google untuk menandai hari atau sosok penting, dengan karya seni yang secara khusus dipesan.

Pernah tak laku

Pada 1999, Larry dan Sergey mencoba menjual Google dengan harga $1 juta atau hampir Rp15 miiar, tapi tak ada yang mau, bahkan setelah harganya diturunkan.

Tapi kini Google bernilai lebih dari $300 miliar atau hampir Rp4.500 triliun. Pasti ada yang merasa rugi tidak membelinya dulu.

Motto

"Don't be evil" atau "Jangan jadi jahat" adalah salah satu motto awal perusahaan tersebut, tapi apakah perusahaan itu masih memegang teguh slogan itu? Silakan nilai sendiri.

Makanan itu penting

Menurut Forbes, Sergey Brin, pendiri Google, sudah memutuskan sejak awal bahwa semua kantor Google harus berjarak tak lebih dari 60 meter dari makanan.

Menurut rumor, pada awal-awal berdirinya, kudapan favorit perusahaan ini adalah "Swedish Fish" atau permen kenyal yang manis dan murah, tapi kini para Googlers atau karyawan Google bisa mendapat makanan mewah dan kopi berkualitas.

Sahabat Google

Para Googlers dan Nooglers (karyawan yang baru bekerja di Google) diizinkan untuk membawa anjing mereka ke kantor... asalkan mereka sudah terlatih untuk berada di kantor dan tidak meninggalkan kubangan bau (atau malah sesuatu yang lebih buruk lagi) di kantor.

Baca juga: Tak Diduga, Ternyata Google Tahu Kondisi Ekonomi Kita

Related

Internet 5704651250434657664
item