Fakta Iblis Valak, dan Keterkaitannya dengan The Conjuring

Fakta Iblis Valak, dan Keterkaitannya dengan The Conjuring

Naviri Magazine - The Conjuring adalah film horor yang membius banyak pecinta horor. Pasalnya, selain ceritanya menarik dan mengerikan, The Conjuring juga memiliki semesta sendiri yang berkaitan dengan beberapa film lain, termasuk The Nun dan Annabelle. Belakangan, The Nun muncul sebagai prekuel.

Set film yang digunakan The Nun adalah tahun 1952, menjadikan The Nun sebagai prekuel The Conjuring franchise. Valak yang muncul pertama kali di film The Conjuring 2. Setelah menonton film yang disutradarai Corin Hardy itu, kita menemukan beberapa kaitan antara film ini dan seri The Conjuring.

The Conjuring 2 mengungkapkan bahwa Valak adalah iblis dari neraka, yang memiliki beberapa nama (Valak, Defiler, the Profane, Marquis of Snakes), namun film The Nun memiliki cerita tersendiri dalam menjelaskan asal-usul dan motif Valak.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Sister Oana (yang sebenarnya adalah hantu), bahwa pada Abad Kegelapan (periode historis yang mengacu pada Abad Pertengahan saat terjadi kemerosotan demografi, budaya dan ekonomi di Eropa Barat setelah kemunduran pemerintahan Romawi), ada seorang bangsawan St Cartha yang terobsesi dengan ilmu gelap (satanisme), yang menggunakan biara untuk membuka pintu gerbang ke neraka, untuk melepaskan sesuatu yang jahat ke dalam Bumi (iblis Valak).

Sebelum Valak berhasil masuk melalui celah itu, para pasukan setia Vatikan berhasil membunuh bangsawan tersebut, dan menyegel celah iblis (yang sudah retak) dengan artefak yang mirip Holy Grail (yang mengandung darah murni Yesus).

Sekilas, wujud Valak yang pernah ditampilkan dalam The Conjuring 2 dan Annabelle: Creation juga diperlihatkan dalam buku-buku yang diteliti oleh Pastor Burke, wujud Valak adalah sosok iblis dengan nuansa gelap.

Tapi mengapa wujudnya justru mengadopsi sosok biarawati? Karena tema film mengambil tempat di biara, maka sosok Valak dibuat berbaur dengan temannya, untuk meningkatkan rasa takut yang ditimbulkan, sepadan dengan ilusi yang digambarkan (Valak di The Conjuring 2 menjadi lebih kuat jika orang merasa takut).

Celah yang tadi sudah disegel ternyata malah hancur saat Perang Dunia II, ketika bom merusak biara dan mematahkan segel fisik yang menahan celah itu.

Sejak itu, para biarawati berdoa sepanjang waktu untuk menahan segel tersebut, dan mengunci ruangan dengan salib serta tulisan Latin, yang artinya "God ends here". Namun, kewaspadaan mereka pecah, Valak pun lepas, dan semua biarawati yang ada di sana terbunuh. Dimulailah plot cerita The Nun.

Sebagian besar plot The Nun melibatkan Pastor Burke, Sister Irene (dalam pelatihan), dengan bantuan seorang petani bernama Frenchie. Mereka menyelidiki bunuh diri yang terjadi di sebuah biara di Rumania, St Carta, dan menemukan kebenaran tentang hal yang terjadi (para biarawati yang mati dan menjadi hantu) dan berhasil mengalahkan Valak.

Metodenya cukup sederhana, dan dibumbui serangkaian plot horor pendek dengan skema yang dibuat rumit. Irene mendapatkan vial darah Yesus, setelah mendapat penglihatan ketika diserang oleh Valak di biara (penglihatan yang mengarahkan Irene untuk menemukan vial tersebut dengan kunci milik Sister Victoria).

Selama di dalam biara, mereka bertiga diajak bermain oleh Valak. Hingga akhirnya, ketika Valak mengganggu Irene untuk kesekian kali, Irene berhasil menumpahkan darah dalam vial ke wujud Valak, dan menggunakan sisa darah itu untuk menutup celah masuknya Valak ke Bumi.

Frenchie dan hubungannya dengan The Conjuring

Epilog The Nun maju ke tahun 1971, berlatar film The Conjuring pertama (2013). Di film The Nun, Valak tampaknya mencekik Frenchie sampai mati, sebelum celah portal ditutup. Namun, ternyata Frenchie masih hidup dan muncul salib terbalik di lehernya, seakan-akan Valak merasuki tubuhnya.

Dan benar saja, Valak sempat merasuki tubuh Frenchie yang mempunyai nama asli Maurice Theriault. Masih ingat adegan eksorsisme di The Conjuring pertama, saat Warrens sedang presentasi tentang tiga tahap kerasukan, sebelum Carolyn Perron bertemu Lorraine untuk meminta bantuan?

Di scene itulah saat pertama Lorraine mengikuti proses eksorsis, dan yang menjadi korban kerasukan adalah Maurice (Frenchie) yang dirasuki Valak. Pada film The Conjuring yang pertama juga terdapat scene dimana Lorraine memiliki masa lalu (saat melakukan eksorsis Maurice) yang membuatnya sangat takut, dan tidak ingin menceritakan hal itu kepada Ed, bahkan Lorraine sempat mengunci diri selama 8 hari.

Ternyata, pada saat eksorsis Maurice, Valak memperlihatkan penglihatan kepada Lorraine, bahwa Ed akan sekarat dan mati (yang nantinya akan menjadi plot utama di The Conjuring 2).

Apa yang terjadi kemudian?

Valak sudah dikalahkan di akhir film The Nun, dan kita sudah tahu ia akan meneror keluarga di Einfield (The Conjuring 2). Lorraine berhasil mengusir Valak secara utuh, mengirimnya ke neraka. Berarti kemungkinan munculnya Valak sudah tidak ada lagi?

Kemungkinan kita harus menunggu sampai The Conjuring 3 atau The Nun 2 dibuat, yang mungkin menceritakan kisah Maurice, atau malah mengembangkan lagi kisah bangsawan yang berusaha memanggil Valak, sehingga dapat memperjelas plot lingkaran The Conjuring secara utuh.

Selain Valak, ada beberapa seri The conjuring yang akan muncul. Termasuk film Annabelle 3 yang mengisi lanjutan kisah boneka iblis yang sudah terkunci di ruangan Warrens, dan mungkin masih ada keterkaitan dengan the Nun karena timeline film ini diambil dengan waktu epilog The Nun.

Kemudian akan muncul lagi film The Crooked Man, sebuah spin-off dari hantu yang muncul di The Conjuring 2, yang mungkin memiliki ikatan dengan Valak.

Tak bisa dipungkiri, The Nun mungkin merupakan prekuel yang paling awal dalam The Conjuring franchise, tetapi ini juga merupakan salah satu yang sangat penting untuk pengembangan film The Conjuring ke depannya.

Baca juga: Film-film Fenomenal DC, dari Justice League Sampai Aquaman

Related

Film 3329052630182194927

Recent

item