Gone with the Wind, Film Populer dan Terlaris Sepanjang Masa

Gone with the Wind, Film Populer dan Terlaris Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Menyebut film populer dan terlaris sepanjang masa, mau tak mau harus menyebut Gone with the Wind. Film berdurasi panjang ini telah mencatat sejarah penting dalam industri perfilman Amerika dan dunia, karena menjadi film yang paling banyak ditonton, paling sering dibicarakan, serta meraih banyak penghargaan.

Gone with the Wind (selanjutnya disebut GWTW) dirilis pertama kali pada 15 Desember 1939. Film yang diadaptasi dari novel karangan Margaret Mitchell itu jadi tontonan rakyat Amerika, yang waktu itu sedang menghadapi depresi besar akibat ekonomi yang terpuruk.

Mereka adalah orang-orang yang hidup di era Perang Dunia II, ketika ekonomi AS masih berusaha diperbaiki Presiden Franklin D. Roosevelt. Mereka pula yang jadi generasi pertama penonton GWTW: orang-orang yang menahbiskan film ini sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, yang biasanya disusul oleh The Godfather, E.T, Ikiru, The Wizard of Oz, Singin’ in the Rain, dan It’s Wonderful Life.

Film berdurasi 234 menit ini disambut baik ketika dirilis. Para kritikus pada masa itu memuji kesetiaan film karya sutradara Victor Fleming ini pada novel aslinya, yang akhirnya berdampak pada durasi film.

The New York Times memuji cara bertutur dan cita-cita ambisius menghadirkan GWTW ke layar lebar. “Ceritanya menarik (dan) dituturkan secara indah,” tulis kritikus Frank Nugent. Franz Hoellering dari The Nation juga memuji kualitas lakon para aktornya, dan keberanian sang produser David Selznick yang menurutnya perlu dapat pengakuan.

Bukan cuma dari kritikus, GWTW juga dicintai penonton AS yang waktu itu sebenarnya terlalu miskin untuk menonton film. Dengan bujet 3,85 juta dolar AS, Selznick berhasil untung besar hingga memperoleh lebih dari 390 juta dolar AS.

Pada masanya, GWTW adalah film dengan pendapatan terbesar, yang jika dikonversi ke nilai mata uang sekarang juga masih jadi salah satu film paling laku sepanjang sejarah, sejajar dengan Titanic, Star Wars, dan Avatar.

Film ini bukan cuma sukses besar dari segi laba. GWTW menang 10 Academy Awards dari 13 nominasi pada Oscar ke-12, memborong nominasi Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Adaptasi Terbaik, Aktris Terbaik, dan Aktris Pendukung Terbaik.

Tiga puluh delapan tahun kemudian, pada 1977, American Film Institute memilih GWTW sebagai film paling populer di AS. Pada 1998, film ini bahkan masuk ke dalam daftar 100 Film Terbaik sepanjang masa, dan menempati ranking keempat.

Meski pada 2007 posisinya turun ke peringkat enam, GWTW terbukti masih terus diingat dan tak cuma lengket di ingatan generasi terdahulu, tapi juga generasi selanjutnya.

Baca juga: Biografi Margaret Mitchell, Penulis Novel Gone with the Wind

Related

Film 7710394542144811806
item