Upaya Google dan Wikipedia Memanjakan Pengguna Internet Indonesia

Upaya Google dan Wikipedia Memanjakan Pengguna Internet Indonesia

Naviri Magazine - Indonesia adalah negara yang memiliki populasi besar, karenanya juga menjadi negara dengan pengguna internet yang sama besar. Karenanya pula, ada perusahaan maupun organisasi di internet yang memberikan perhatian khusus pada para pengguna internet di Indonesia.

Google juga memandang Indonesia sebagai pasar yang potensial, dan oleh karenanya perusahaan ini terus mengembangkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Fitur terbaru yang dibawa Google ke Indonesia adalah layanan yang bisa menerjemahkan konten artikel berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Google mulai melakukan penerjemahan berbasis kecerdasan buatan terhadap konten artikel di Wikipedia yang berbahasa Inggris, agar diterjemahkan ke bahasa Indonesia.
Director International Search di Google, Ken Tokusei, mengatakan fitur ini diberikan untuk memudahkan pengguna di Indonesia dalam menikmati konten di Internet yang selama ini didominasi oleh artikel berbahasa Inggris.

Sistem Google akan mengidentifikasi artikel Wikipedia yang relevan dan hanya tersedia dalam bahasa Inggris, lalu menerjemahkannya ke bahasa Indonesia, dengan memakai sistem neural machine translation, yang memakai kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Jika mesin Google mendeteksi konten bahasa Inggris Wikipedia yang relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna, maka Google akan memunculkan artikel tersebut di hasil pencarian.

"Lebih dari separuh konten online tersedia dalam bahasa Inggris, namun hanya 1% konten web tersedia dalam bahasa Indonesia," kata Tokusei dalam acara Google for Indonesia di Jakarta.

Selain meluncurkan fitur ini, Google membawa serta Jobs on Google Search ke Indonesia, yang memunculkan beragam informasi lowongan kerja di Indonesia pada halaman utama jika pengguna memasukkan kata kunci "lowongan pekerjaan."

Perusahaan juga membawa sejumlah teknologi yang khusus dirancang untuk pasar Indonesia, seperti Google Maps Go (versi ringan Google Maps) yang sudah bisa dipakai di Indonesia, keberadaaan aplikasi Google Assistant yang kini hadir di ponsel murah WizPhone, dan kerja sama antara Google dan Wikipedia untuk menyediakan konten berbahasa Indonesia yang lebih banyak di Internet.

Baca juga: Tips Terhindar dari Kejahatan Pembobolan Internet Banking

Related

Internet 6383374810826915784
item