Grigori Perelman, Si Jenius yang Menolak Uang dan Ketenaran

Grigori Perelman, Si Jenius yang Menolak Uang dan Ketenaran

Naviri Magazine - Kalau kita ditawari uang 1 juta dolar atau lebih dari 10 miliar rupiah, plus diliput media-media sedunia sehingga kita menjadi orang yang sangat tenar, apa yang akan kita lakukan?

Kemungkinan besar—dan hampir bisa dipastikan—kita akan langsung menerimanya. Uang dan ketenaran adalah dua hal yang sangat diimpikan kebanyakan manusia. Tapi tidak begitu dengan Grigori Perelman.

Pada tahun 2003, matematikawan Rusia, Grigori Perelman, memecahkan rumus konjektur Poincare, yang sebelumnya tampak tak mungkin bisa terpecahkan.

Konjektur itu adalah salah satu rumus yang paling tua, dan terus jadi teka-teki setelah diajukan Henri Poincare pada tahun 1904. Rumus itu terkait geometri ruang multidimensi, memiliki implikasi yang luas untuk relativitas dan fisika kuantum, serta membantu menjelaskan bentuk alam semesta.

Dianggap sebagai salah satu orang tercerdas di dunia, Perelman mempublikasikan dua bukti teorema pada tahun 2002 dan 2003.

Pemecahan konjektur itu adalah 1 dari 7 daftar penghargaan Millennium Prize, Clay Mathematics Institut, Cambridge, Massachusetts. Sayembara pemecahaannya bernilai US$ 1 juta dolar atau lebih dari Rp 10 miliar, dan medali Fields Medal, yang setara Nobel dalam dunia matematika.

Namun, si jenius Grigori menolaknya. Menurut dia, pengetahuannya jauh lebih bernilai ketimbang uang.

"Aku tak tertarik pada uang maupun ketenaran," kata dia. "Aku bisa mengontrol alam semesta. Jadi katakan padaku, kenapa aku harus mengejar uang sejuta dolar?"

Seperti dimuat Telegraph, 6 tahun setelah menolak uang dan penghargaan, Grigori menarik diri dari pekerjaan, dari dunia. Ia tinggal bersama ibunya, Lyubov, di sebuah flat sedehana di Rusia.

"Aku telah meninggalkan matematika," kata dia. "Dan apa yang kulakukan sekarang, aku tidak akan memberitahu Anda," kata dia pada wartawan yang mencoba mewawancarainya.

Baca juga: Isaac Newton, Terlalu Serius Belajar Sampai Putus dengan Pacar

Related

World's Fact 5455592652019645861
item