Hagfish, Ikan Penghasil Lendir Paling Mematikan di Dunia

 Hagfish, Ikan Penghasil Lendir Paling Mematikan di Dunia

Naviri Magazine - Di antara ikan lain, ikan berlendir (hagfish) memiliki pertahanan diri yang unik sekaligus mematikan. Hagfish dapat ditemukan di sebagian besar lautan di dunia.

Ketika stres atau merasakan bahaya, hagfish akan melepaskan lendir tebal yang berfungsi sebagai lapisan pelindung. Setelah ancaman hilang, ikan itu akan mengikat diri sendiri menjadi simpul, kemudian berjalan mundur, meninggalkan lendir dan menjauh.

Hewan-hewan yang telanjur terperangkap dalam lendir buatannya itu bisa mati lemas—begitu pun hagfish sendiri—jika masih berada di lautan lendir.

Hagfish memiliki panjang hingga 15 inci (40 sentimeter), dengan lebar sebesar ibu jari. Namun, ia dapat melepaskan hingga 1 liter lendir dalam waktu 1 detik. Ketika itu terjadi, predator akan segera menjauh.

Jika si predator nekat memangsa, maka tubuh hagfish yang tergigit akan mengeluarkan lendir yang sama, dan insang si predator akan segera dipenuhi lendir yang akan mencekiknya sampai mati.

Baca juga: Bombardier Beetle, Kumbang yang Mampu Menciptakan Bom

Related

Science 4113338628447386415

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item