Ibu Ini Tetap Berjualan Sayur di Pasar, Meski Anaknya Jadi Bupati

 Ibu Ini Tetap Berjualan Sayur di Pasar, Meski Anaknya Jadi Bupati

Naviri Magazine - Saat usia telah menua, banyak orang yang ingin pensiun atau istirahat menikmati hidup. Apalagi jika anak-anaknya telah sukses. Namun tidak begitu dengan Margaretha Hati Manhitu (78 tahun).

Setiap hari, Margaretha Hati Manhitu mengupas buah asam kering di depan rumahnya. Buah-buah asam itu dikumpulkan, lalu dijual untuk membiayai keperluan sehari-harinya dengan suaminya, Yakobus Manue Fernandez (84 tahun).

Siapa yang akan menyangka bahwa kedua orang yang hidup sederhana itu adalah orang tua kandung Raymundus Sau Fernandes, Bupati Timor Tengah Utara periode 2016-2021. Raymundus sebelumnya juga menduduki jabatan yang sama pada periode 2010-2015.

Walaupun memiliki anak seorang bupati, Margaretha tidak ingin bergantung pada anaknya. Salah satu alasannya, karena dia sudah terbiasa berjualan sejak anak-anaknya masih kecil.

Setiap hari, Margaretha menjajakan buah asam dan sayur-sayuran di pasar yang dekat dengan rumahnya. Selain itu, dia juga mengelola sawah kepunyaannya.

Raymundus sebenarnya sudah melarang ibunya berjualan. Namun, Margaretha terus melakukan kebiasaannya. Bahkan, dia dan suaminya menolak beberapa fasilitas yang diberikan oleh anaknya.

Menurutnya, anaknya bekerja bagi masyarakat, bukan bagi keluarga. Maka sudah seharusnya, urusan keluarga menjadi tanggungan mereka sendiri. Margaretha pun selalu berpesan kepada putranya untuk bekerja dengan baik demi rakyat, dan menjaga nama baik keluarga.

Setiap kali Raymundus datang berkunjung dengan anak-anaknya, sang ibu telah menyediakan uang yang diberikan untuk keperluan sekolah cucu-cucunya. Ketika ibunya berkunjung ke rumah Raymundus, waktu kunjungannya selalu singkat, karena Margaretha ingin segera kembali mengurus kebun dan sawahnya.

Melihat teladan yang diberikan oleh sang ibu, Raymundus mengaku kagum dan bangga. Banyak pelajaran hidup yang diberikan oleh Margaretha kepada Raymundus dan adik-adiknya.

“Kerja keras, kerja tanggung jawab sampai tuntas, dan ini pelajaran yang sangat berharga buat diri saya. Sampai saat ini, saya pegang teguh dalam hidup,” ujarnya. Raymundus pun selalu berdoa agar kedua orang tuanya sehat selalu dan berumur panjang.

Baca juga: Hati-hati, Pakai Kantong Plastik di DKI Akan Didenda Rp5 Juta-Rp25 Juta

Related

World's Fact 4306275348565618936

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item