Ternyata, Ikan adalah Makhluk Pertama yang Terbang di Bumi

Ternyata, Ikan adalah Makhluk Pertama yang Terbang di Bumi

Naviri Magazine - Tahu tidak, ternyata makhluk pertama yang terbang di Bumi bukan burung, seperti yang dipahami banyak orang, melainkan ikan. Setidaknya itulah yang dikemukakan dalam penemuan terbaru, hasil penelitian paleontologis asal Cina baru-baru ini.

Berdasarkan penelitian itu, ikan paling tua di dunia terbang meluncur di atas lautan dalam upaya menghindari predator pada 240 juta tahun yang lalu, jauh lebih awal dibanding perkiraan para peneliti sebelumnya.

Pada penelitian selama ini, tidak ada spesimen ikan terbang modern yang diketahui lebih tua dari sekitar 65 juta tahun lalu. Namun, penelitian paleontologis Cina berhasil menemukan spesimen kuno yang berkemampuan yang sama jauh lebih awal.

Spesies yang ditemukan itu dinamai Potanichthys xingyiensis, dan diperkirakan hidup selama periode Trias Tengah, yaitu antara 235 juta dan 242 juta tahun lalu, atau sekitar 50 juta tahun sebelum munculnya dinosaurus di era Jurassic.

Para ilmuwan percaya bahwa ikan terbang itu menggunakan kemampuan terbangnya untuk melarikan diri serangan predator, seperti lumba-lumba, cumi-cumi dan ikan yang lebih besar, dengan cara melayang di udara.

Ikan terbang Potanichthys xingyiensis memiliki panjang hanya 15 sentimeter, dan memiliki empat ‘sayap’, terdiri dari dua sayap besar, sirip dada, dan sepasang sayap kecil di panggul. Di bagian belakang tubuhnya terdapat ekor besar bercabang yang digunakannya untuk berenang dalam air.

Baca juga: Hati-hati, Ini Bahaya Mematikan Air Liur Anjing Bagi Manusia

Related

Science 6063731555796689574
item