Wow, iPhone Bisa Digunakan untuk Memeriksa Kesehatan Penggunanya

Wow, iPhone Bisa Digunakan untuk Memeriksa Kesehatan Penggunanya

Naviri Magazine - Salah satu cara untuk mengetes atau memeriksa kesehatan seseorang adalah dengan memeriksa urine atau air kencingnya. Melalui penelitian terhadap urine, tingkat kesehatan seseorang bisa dilihat.

Kalau biasanya pemeriksaan urine harus dilakukan di rumah sakit atau laboratorium kesehatan, kini yang kamu butuhkan hanya smartphone untuk melihat kesehatan berdasarkan tes urine. Hal itu bisa dilakukan berkat kehadiran sebuah kartu pintar bernama TestCard.

Dengan TestCard, semua orang bakal bisa mengecek tekanan darah, kadar gula, dan kesehatan lainnya, hanya dengan sebuah perangkat kecil seperti test pack, yang dihubungkan dengan iPhone.

Tentu saja alat ini belum mampu menggantikan peran dokter dalam menangani masalah kesehatan. Namun, perangkat ini mampu mendeteksi gejala pada masalah kesehatan layaknya check-up di dokter, sehingga jika pengguna menemukan hal yang tidak diinginkan, mereka bisa segera ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk pemakaiannya, pengguna harus memiliki kartu uji kesehatan tersebut. Penggunaan dan bentuknya kurang lebih mirip test pack pada perempuan untuk menguji kehamilan.

Kemudian, pada bagian yang ditetesi urine, dipindai menggunakan kamera iPhone, melalui aplikasi TestCard yang sudah diinstal sebelumnya. Hasil tes urine kemudian akan muncul pada aplikasi di smartphone.

Tes urine alias urinalysis sebenarnya sebuah tes kesehatan dengan menggunakan urine untuk menentukan zat-zat apa saja yang ada pada kandungan urine seseorang. Mulai dari kandungan narkotika atau gangguan kesehatan lain, seperti penyakit lambung, masalah kesehatan pada prostat, atau lain sebagainya.

TestCard saat ini hanya tersedia di Inggris. Ada rencana untuk membawa teknologi ini ke Amerika Serikat, dengan kisaran harga per kartu sebesar 5 dolar AS atau sekitar Rp 70 ribuan.

Teknologi ini memang belum bisa menggantikan fungsi dokter sebagai ahli kesehatan. Tapi dengan kehadiran TestCard, medical check up bisa dilakukan oleh lebih banyak orang, karena mudah dan terjangkau.

Baca juga: Realme C1: Ponsel dengan Kamera Ganda, Seharga Rp1,4 Juta 

Related

Technology 3948466500516586278
item