Perlu Tahu, Jarang Isi Bensin Penuh Bikin Tangki BBM Berkarat

Perlu Tahu, Jarang Isi Bensin Penuh Bikin Tangki BBM Berkarat

Naviri Magazine - Bensin menjadi bahan bakar yang memungkinkan kendaraan bisa digunakan. Tanpa bensin, kendaraan tidak bisa jalan. Di dalam kendaraan, bensin ditampung dalam wadah khusus, yang disebut tangki bensin.

Dalam hal itu, tangki bensin adalah bagian penting yang wajib dijaga kebersihannya. Mudahnya, dengan selalu mengisi bahan bakar dengan kualitas tinggi atau sesuai kompresi mesin.

Namun bukan berarti hal tersebut menjamin tangki bensin selalu dalam keadaan bersih. Ada salah satu perilaku yang justru membuat tangki bensin rusak alias berkarat.

Membiarkan tangki dalam keadaan kosong atau jarang mengisi penuh, akan mengakibatkan dinding bagian dalam tangki berkarat. Hanya saja perlu digarisbawahi, efek tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama.

"Kalau jarang beli full tank, sebenarnya enggak apa-apa. Tetapi kalau dibiarkan kosong sampai lama sekali, seperti berbulan-bulan bahkan tahunan, ya pasti berkarat," kata Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno.

Tangki yang tidak terisi penuh akan memberi ruang pada udara. Pada saat kondisi dingin seperti malam hari, udara tadi akan mengembun dan menempel pada dinding bagian dalam tangki, sehingga menimbulkan air dan lama kelamaan menyebabkan karat.

"Efeknya lama, ada prosesnya dulu. Jadi kalau isi bensin enggak sampai penuh, tapi sering beli dan dipakai terus motornya, enggak bikin (tangki) berkarat," sebutnya.

Membiarkan tangki berkarat tentu menyebabkan berbagai kerugian. Mulai dari komposisi bahan bakar yang terkontaminasi dengan air sehingga membuat gejala brebet, kerak karat yang terkumpul di filter bensin membuat asupan bahan bakar berkurang, hingga kebocoran tangki karena karat yang membuat keropos.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Endro mengungkapkan, sepeda motor sudah sewajibnya mendapat perawatan. "Enggak harus full tank terus, yang penting motor dirawat dengan tepat dan benar," imbuhnya.

Namun tidak ada salahnya menjaga kondisi tangki bahan bakar selalu penuh. Selain mencegah adanya udara yang terperangkap, juga mencegah kepanikan saat sisa bensin menipis.

Baca juga: Perlu Tahu, Kondisi Rem Motor Perlu Dicek 2 Bulan Sekali

Related

Automotive 4184674149351107157

Recent

item