Ini yang Akan Terjadi Jika Busi Kendaraan Mulai Rusak

Ini yang Akan Terjadi Jika Busi Kendaraan Mulai Rusak

Naviri Magazine - Sebagai salah satu komponen kendaraan, busi bisa mengalami masa aus. Bagaimana pun, setelah digunakan untuk menyalakan kendaraan hingga beberapa tahun, kinerja busi akan mulai menurun. Ketika itu terjadi, kita pun harus menggantinya dengan busi yang baru.

Apa yang akan terjadi jika busi di kendaraan kita mulai rusak atau aus?

Ketika busi sudah mulai usang, aliran listrik yang akan menjadi bunga api rentan tersendat. Hal itu berimbas pada timbulnya sejumlah masalah, antara lain mesin sulit dinyalakan, knocking (berebet), atau bisa pula pemakaian bahan bakar semakin boros.

Pada busi nikel, kerusakan bisa terjadi pada komponen elektroda pusat atau elektroda ground yang terbakar. Sementara, busi jenis single precious metal yang menggunakan platinum atau iridium hanya pada elektroda pusat, rentan mengalami kerusakan elektroda ground.

Jika sudah ada gejala kerusakan busi, seperti mesin sulit dinyalakan atau tersendat saat berakselerasi, penggantian harus segera dilakukan. Jika dibiarkan, kondisi abnormal busi bisa merusak peranti kelistrikan lain.

Awal mula kerusakan kelistrikan kendaraan berawal dari busi yang tidak diganti. Ketika tadinya busi butuh tegangan 1 volt, tapi karena jarak elektroda busi memuai, busi butuh tegangan lebih tinggi.

Komponen lain, seperti tutup busi pada sepeda motor atau di mobil, langsung ke koil harus bekerja lebih keras menyediakan listrik sesuai permintaan busi. Akhirnya, komponen lain ikut rusak.

Adapun periode penggantian busi mengacu pada rekomendasi dari pabrikan yang tercantum pada buku manual. Jika sudah menggunakan busi platinum iridium, masa pakai busi tergantung anjuran dari produsen busi.

Denso dan NGK, misalnya, mengklaim produk busi tipe laser mereka bisa bertahan hingga 100 ribu kilometer, sedangkan tipe single precious metal punya durabilitas hingga 60 ribu kilometer.

Baca juga: Bahaya yang Terjadi Jika Bensin Tidak Sesuai Jenis Kendaraan

Related

Automotive 3396637509011255752

Recent

item