Ini Kecerdasan Semut yang Belum Pernah Kita Bayangkan!

Ini Kecerdasan Semut yang Belum Pernah Kita Bayangkan!

Naviri Magazine - Hewan ini berukuran kecil, tetapi kemampuan mereka telah membuat kagum para ilmuwan yang mempelajarinya. Pada tahun 2006, misalnya, tim ilmuwan dari University of California Berkeley mempelajari spesies semut rahang (bauri odontomachus), yaitu spesies semut yang menggunakan rahangnya untuk menangkap mangsa.

Yang menakjubkan, semut itu dapat menutup rahangnya dengan kecepatan luar biasa, yaitu hanya dalam waktu 0,13 milidetik, atau 2.300 kali lebih cepat dari kedipan mata manusia.

Selain itu, ada pula spesies semut yang disebut smithii mycocepurus, dari Amazon. Yang mengagumkan, spesies semut itu telah mampu mengembangkan kemampuan melakukan reproduksi melalui kloning untuk berevolusi menjadi jenis yang semuanya betina.

Berdasarkan penelitian ilmuwan dari University of Arizona, proses reproduksi itu terjadi tanpa seks, dan entah bagaimana caranya spesies semut tersebut mampu menghindari produksi semut jantan sehingga jumlah semut betina dalam spesies itu bisa lebih banyak dua kali lipat.

Selain itu, yang juga menakjubkan, spesies semut itu juga telah mengembangkan cara-cara yang efisien dalam mengatur lalu lintas mereka sehari-hari, sehingga tidak terjadi rebutan makanan atau semacamnya.

Baca juga: Hewan-hewan dengan Kemampuan Paling Menakjubkan di Dunia

Related

Science 1687184138659053289

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item