Seperti Ini Kehidupan Manusia Jika Tinggal di Planet Mars

Seperti Ini Kehidupan Manusia Jika Tinggal di Planet Mars

Naviri Magazine - Planet Mars dipercaya memiliki atmosfer yang mirip dengan planet Bumi, dalam arti mungkin bisa dihuni manusia. Karena hal itu, sebagian orang pun berpikir bahwa kelak, jika Bumi benar-benar tidak bisa lagi ditinggali, umat manusia bisa pindah ke planet Mars.

Sebelumnya, penemuan robot Curiosity Rover yang menjelajah di planet Mars telah mendapatkan tanda adanya air di tanah planet Mars. Selain cairan, di sana juga ditemukan gas klorin beracun. Memang ada tanda bila di tanah Mars terdapat cairan, tetapi belum pasti bisa diminum, atau cairan es di sana mungkin berbeda dibanding di Bumi

Bila saat ini ada yang pergi ke planet Mars dan tinggal di sana, koloni manusia harus tinggal di ruang isolasi, dan keluar dengan baju pelindung. Artinya, mereka yang ingin tinggal di sana hanya berada di dalam kubah pelindung, dan mengunakan baju astronot atau baju anti radiasi untuk keluar dari kubah.

Jangan berharap berjalan-jalan di planet Mars seperti di Bumi. Walau posisi Mars lebih jauh dari matahari, planet ini terkena radiasi tinggi dari cahaya matahari. Singkatnya, planet Mars tidak memiliki pelindung magnetik seperti Bumi.

Kondisi planet Mars sekarang sangat buruk bagi kesehatan manusia. Selain itu, radiasi yang tinggi dapat membuat manusia sakit, udara di sana sangat dingin di bawah minus 0 derajat.

Bila manusia berada di lingkungan radiasi di planet Mars tanpa baju pendukung hidup dan penahan radiasi, manusia hanya bertahan hidup dalam hitungan bulan.

Bila sakit pasti lebih merepotkan, tidak ada pertolongan karena berada di planet Mars. Dan jangan berharap ada bantuan datang dari Bumi. Jangan berharap pulang cepat ke Bumi untuk mendapatkan perawatan medis.

Dengan teknologi saat ini, setidaknya butuh berbulan-bulan bantuan baru sampai ke Mars, bahkan untuk pulang ke Bumi.

Baca juga: Apa Perbedaan Astronot dan Kosmonot? Ini Jawabannya

Related

Science 3652747129015016851

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item