Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Naviri Magazine - Belanja online sudah menjadi budaya baru di dunia, termasuk di Indonesia. Dengan adanya marketplace dan toko online, urusan membeli aneka barang jadi sangat mudah. Tinggal kunjungi marketplace dan toko online yang dituju, lalu pilih barang yang diinginkan, membayar viar m-banking atau ATM, dan tinggal ditunggu barangnya diantarkan ke rumah.

Maraknya belanja online didukung oleh kehadiran smartphone dan internet. Ketika segala informasi bisa diakses hanya dalam satu gengaman, di situlah pelaku bisnis lantas memanfaatkannya untuk berjualan online.

Mulai dari sekadar memasarkan barang dagangan melalui social media, hingga kini muncul berbagai e-commerce yang semakin memudahkan pengalaman berbelanja setiap konsumen.

Berdasarkan riset perusahaan teknologi pemasaran asal Perancis, Criteo, Indonesia tercatat menjadi pengguna e-commerce terbesar di kawasan Asia Pasifik (APAC). Diketahui pula bahwa sebesar 95,8% konsumen di Indonesia banyak yang menggunakan website dan aplikasi e-commerce untuk berbelanja.

Kelebihan belanja online

Minat yang besar terhadap belanja online tentunya didasari oleh beberapa keuntungan. Anda tidak perlu menghadapi kemacetan dalam mengantre di kasir ketika membayar maupun untuk mencapai tempat tujuan.

Hanya bermodal smartphone dan jaringan internet, semua dapat terselesaikan. Dengan belanja online, Anda bisa bertransaksi kapan pun dan di manapun.

Intinya, sah-sah saja belanja online tanpa harus mandi dan berpakaian layak, asal koneksi internet lancar. Apalagi sekarang sudah ada m-banking yang membantu proses pembayaran tanpa harus ke ATM.

Fakta lain, sebagian besar toko online menawarkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan toko biasa. Ini sangat masuk akal, karena penjual online tidak dibebani pajak, sewa toko atau fee untuk pelayan. Otomatis harga yang ditawarkan jauh lebih rendah dari toko biasa.

Ketika sudah menjadi member setia suatu e-commerce, Anda juga diuntungkan dengan point reward yang dapat ditukar menjadi kupon diskon, gratis ongkir, atau cashback dalam jumlah cukup besar. Keuntungan ini pastinya akan tambah menghemat pengeluaran Anda setiap belanja.

Kekurangan belanja online

Tidak selamanya belanja online selalu menguntungkan. Sebagai contoh, toko online hanya dapat menampilkan deskripsi produk dan foto barang.

Belum lagi penipuan online yang kini terus meningkat jumlahnya. Hal ini tentu menimbulkan kerugian cukup serius bagi sejumlah pembeli.

Era digital memang sudah amat memudahkan setiap orang dalam segala hal, termasuk berbelanja. Tinggal klik, menunggu beberapa saat, barang pesanan lalu tiba di depan pintu. Namun kemudahan ini jangan lantas membuat Anda lengah. Tetap berhati-hati agar tidak ada kerugian yang menimpa Anda kelak.

Baca juga: Ekonomi Digital Indonesia Masih Perlu Waktu untuk Berkembang

Related

Lifestyle 6764630611031872115
item