Mengenali Keunggulan Deposito Dibanding Investasi Lainnya

 Mengenali Keunggulan Deposito Dibanding Investasi Lainnya

Naviri Magazine - Ada beragam bentuk investasi yang bisa dilakukan, dengan tujuan untuk mengembangkan modal atau uang. Ragam investasi juga memiliki tingkat kesulitan dan kemudahan yang berbeda, yang bisa disesuaikan dengan orang yang ingin berinvestasi. Mulai dari investasi saham, investasi properti, investasi emas, dan lain-lain.

Salah satu investasi yang tergolong mudah, aman, dan bisa dilakukan siapa pun adalah deposito. Investasi ini mudah dilakukan, bahkan tidak membutuhkan dana sangat besar. Investasi deposito juga bisa dilakukan di bank mana pun yang mungkin dekat rumah kita. Kemudian, investasi deposito tergolong aman, karena kita tidak perlu khawatir rugi atau duit kita hilang.

Sebelum memutuskan untuk memilih investasi ini, berikut adalah uraian mengenai keunggulan berinvestasi deposito.

Bunga lebih tinggi dari tabungan

Sekilas, investasi deposito mirip menabung. Anda hanya meletakkan sejumlah uang di bank, dan menunggu periode deposito berakhir, kemudian menerima sejumlah bunga. Memang caranya sama, tapi hasil yang diperoleh jelas berbeda. Bunga deposito pun lebih tinggi daripada bunga tabungan.

Apalagi jika memilih Deposito Berjangka yang memberi bunga tinggi. Dengan saldo awal minimum Rp 10 juta, misalnya, Anda sudah bisa menginvestasikan dalam jangka panjang, karena tersedia tenor yang bervariasi mulai dari 1-12 bulan, 18 bulan dan 24 bulan. Selain pembayaran bunga pada akhir periode penempatan, pilihan pembayaran bunga juga bisa dilakukan setiap bulan atau ulang tanggal.

Investasi yang aman

Jangan khawatir mengalami kerugian jika berinvestasi deposito. Ketimbang investasi lain seperti properti, saham atau emas, investasi ini sangat aman. Mengapa aman? Sebab, dananya terlindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan.

Jumlah simpanan maksimal yang terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan adalah Rp 2 miliar. Oleh karena itu, pastikan dana Anda di bawah Rp 2 miliar dalam satu deposito. Selain itu, deposito juga tidak bergantung pada pergerakan pasar maupun kondisi keuangan Indonesia.

Syarat dan proses mudah

Berinvestasi deposito sangat mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Caranya, Anda hanya perlu mendatangi bank, yang menawarkan fasilitas produk deposito. Selanjutnya, Anda cukup memiliki rekening bank dan kartu identitas diri.

Bebas administrasi bulanan

Jika menabung di bank terkena biaya administrasi setiap bulan, tidak demikian dengan deposito. Membuka deposito sama sekali bebas administrasi bulanan. Jadi, saldo utama Anda di deposito tidak akan berkurang sepeser pun, hingga masa jatuh tempo. Akan tetapi, bunga yang didapat dari deposito akan dikenai pajak.

Tersedia variasi jangka waktu

Dalam berinvestasi deposito, tersedia variasi jangka waktu. Simpanan deposito memiliki fleksibilitas dalam hal pilihan waktu. Pilihan waktu yang disediakan antara lain 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan Anda dengan jangka waktu simpanan.

Minim risiko

Nilai lebih berinvestasi deposito yang terakhir adalah minim risiko. Anda tak perlu pusing memikirkan kurs rupiah yang sedang melemah atau terjadi inflasi, karena nilai uang yang ditanamkan dalam deposito tak berdampak pada hal-hal tersebut. Di samping itu, berinvestasi deposito tak perlu membuat Anda harus memutar otak demi meraih keuntungan.

Baca juga: Berbagai Sumber yang Bisa Menghasilkan Uang Untukmu

Related

Money 2707204691664115358

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item