Ini Keunggulan Serta Kelemahan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Ini Keunggulan Serta Kelemahan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Naviri Magazine - Sebagian motor keluaran baru saat ini menggunakan ban tubeless, karena disebut-sebut lebih baik dan menawarkan lebih banyak keuntungan.

Pada beberapa kasus, hal ini memang benar. Namun bukan berarti ban biasa—yang masih memanfaatkan ban dalam alias tube type—tidak punya keunggulan. Semua kembali lagi ke kepentigan penggunaan ban. Berikut beberapa keuntugan dari masing-masing ban.

Ban tubeless

"Ban tubeless itu lebih praktis karena kalau kena paku enggak langsung kempis, masih bisa tahan (sampai ke bengkel terdekat)," terang pemilik Rumah Ban Motor, Aldrin, mengawali penjelasnnya.

Lebih tahan terhadap 'ranjau paku' memang menjadi keuntungan utama dari ban yang satu ini, sehinga menjadi pilihan kebanyakan sepeda motor baru. Aldrin menjelaskan, hal ini dikarenakan ban tubeless punya struktur yang lebih kuat dan tebal.

Di sisi lain, ban ini juga punya daya cengkram ke aspal yang lebih baik, sehingga memudahkan pengendalian sepeda motor saat menikung, ataupun bermanuver dengan kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, sebenarnya ban tubeless lebih cocok untuk penggunaan jalan perkotaan, yang cenderung lebih mulus.

Kekurangan ban ini adalah penggunaannya terbatas pada velg racing alias cast wheel. Memang dewasa ini sudah ditemukan 'akal-akalan' untuk bisa mengawinkannya dengan velg jari-jari. Namun, karena dipaksakan, hal ini sebenarnya kurang disarankan.

Selain itu soal harga, ban tubeless cenderung ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi.

Satu hal yang tidak kalah pentingnya, pengguna ban juga harus tahu betul cara memperbaiki bocor pada ban tubeless, mengingat tidak semua tukang tambal paham cara memperbaiki ban macam ini jika tertancap benda tajam.

Ban tube type

Memang, karena masih memakai ban dalam, begitu bertemu dengan paku atau benda tajam lainnya, otomatis ban ini akan bocor dan kempis seketika. Tapi sebenarnya ban tube type bukannya tanpa keunggulan.

Ban ini cocok digunakan untuk medan jalanan yang tidak rata ataupun jalanan berlubang.

"Ban biasa ini lebih nyaman untuk dipakai, karena strukturnya lebih lentur. Karena itu juga biasanya ban tube type banyak dipakai di motor off road. Dia juga baik untuk menjaga angin rendah," terang Aldrin lagi.

Selain itu, berbeda dengan ban tubeless, ban tube type bisa digunakan pada velg model apapun, tanpa perlu ada pemaksaan. Selain itu, harga yang relatif lebih murah juga menjadi keunggulan tipe ban ini.

Baca juga: Begini Cara Perpanjang STNK Online dan Bayar Lewat ATM

Related

Automotive 3755018796145195961

Recent

item