Kisah di Balik The Godfather, dari Novel Laris ke Film Sukses

Kisah di Balik The Godfather, dari Novel Laris ke Film Sukses

Naviri Magazine - The Godfather telah ditahbiskan sebagai film terbaik sepanjang masa, yang terus diperbincangkan dari zaman ke zaman. Selain penggarapannya yang bagus, serta akting para pemainnya yang menawan, The Godfather juga memiliki kisah atau perjalanan cerita yang sangat hidup dan memukau.

Naskah bagus film itu tak terlepas dari keputusan Paramount Pictures yang melempar proyek ini ke tangan Francis Ford Coppola dan Mario Puzo—dua orang keturunan Italia. Puzo adalah penulis asli naskah The Godfather, yang lebih dulu diterbitkan sebagai novel pada 1969. Novel itu sukses masuk daftar The New York Times Best Seller selama 67 minggu, dengan penjualan 9 juta kopi dalam dua tahun.

Paramount Pictures, lewat Presiden Produksi Robert Evans, menawari Mario Puzo 12.500 dolar AS untuk Mafia, judul orisinal dari The Godfather. Tawarannya berubah jadi 80.000 dolar AS jika naskah tersebut difilmkan. Upah itu terhitung kecil, tapi Puzo menerimanya karena butuh 10.000 dolar untuk bayar utang judi.

Pada masa itu, Hollywood tengah dilanda krisis. Jumlah penonton sejak awal hingga akhir 1960-an terus turun, membuat produksi film juga ikut turun. Namun, larisnya novel Puzo membawa Paramount Pictures untuk serius menggarap naskah itu menjadi sebuah film. Awalnya cuma dengan bujet 2,5 juta dolar, tapi naik jadi 6 juta dolar seiring pamor novelnya yang kian meningkat.

Majalah Vanity Fair menulis laporan tentang proses penggarapan film ini yang tak mulus, dalam sebuah artikel berjudul "The Godfather Wars". Sebelum kursi sutradara resmi diduduki Coppola, Paramount Pictures menawarkan posisi itu ke sejumlah nama: Peter Bogdanovich, Peter Yates, Richard Brooks, Arthur Penn, Costa-Gavras, dan Otto Preminger.

Sebagian nama besar itu dipilih karena dinilai bisa memberi sentuhan “etnis dari kultur Italia-Amerika”. Namun, semuanya menolak karena tak tertarik menggarap tema mafia.
Sergio Leone juga sempat ditawari, tapi menolak karena ingin menggarap film gangster-nya sendiri, Once Upon a Time in America.

Ketika Coppola sudah resmi diumumkan jadi sutradara, proses produksi The Godfather juga sempat tertunda, karena ia tak senang dengan naskah asli Puzo. Tapi, karena perusahaan filmnya, American Zoetrope, punya utang 600 ribu dolar pada Warner Bros, akhirnya Coppola menerima tawaran itu dengan beberapa syarat. Salah satunya dengan merombak naskah asli.

Puzo dan Coppola kemudian menulis naskah filmnya secara terpisah. Naskah finalnya rampung pada 29 Maret 1971.

Proses produksi itu kembali dirundung masalah ketika Coppola punya visi sendiri tentang para pemain—yang berbeda dengan gagasan dewan direksi Paramount Pictures.

Coppola bersikeras menggaet Marlon Brando, yang sudah punya nama dan tarif tinggi. Ia juga membawa daftar lain: Al Pacino, James Caan, dan Robert Duvall. Hanya Caan yang disetujui Paramount untuk memerankan Michael Corleone—yang dalam visi Coppola diperankan Al Pacino.

Singkat cerita, Coppola berhasil meyakinkan bos-bosnya. Coppola memang ingin serius menggarap The Godfather. Tak cuma naskah dan deretan pemain yang mendapat sentuhan tangannya, ia juga sempat adu mulut ketika mengusulkan lokasi syuting di Sisilia, Italia. Bukan Coppola jika tak keras kepala. Meski sempat membuat jadwal rilis jadi mundur, Paramount Pictures akhirnya mengabulkan permintaan sang sutradara.

“Aku masih sutradara muda, dulu. Belum punya banyak pengalaman kerja, dan dapat kesempatan untuk menggarap novel ini (The Godfather). Aku sadar, semakin sukses dan populer novel ini, semakin besar kesempatanku untuk naik kelas,” kata Coppola dalam The Godfather Legacy: The Untold Story of the Making of the Classic The Godfather Trilogy Featuring Never-Before-Published Production Stills (2005).

“Aku harus bertahan. Semuanya jadi taruhan.”

Hasilnya? The Godfather adalah kesuksesan masif. Ia menjadi film dengan pendapatan paling besar selama 1972, dan masuk dalam daftar film dengan penghasilan terbanyak sepanjang sejarah.

Pada 1973, film ini berhasil masuk 11 nominasi Academy Awards, dan memenangi beberapa kategori: Film, Naskah Adaptasi, dan Aktor Terbaik. Ia juga memborong sejumlah piala di festival lain, termasuk Golden Globe dan British Academy Film Awards.

Kesuksesan itu dilanjutkan dengan membuat sekuelnya: The Godfather Part II (1974) dan The Godfather Part III (1990).

Seperti ditulis Santopietro dalam The Godfather Effect, mahakarya Coppola dan Puzo ini tak cuma mempengaruhi kultur orang Italia-Amerika, industri sinema Hollywood, dan dunia, tapi juga para mafia. Istilah "godfather" yang berasal dari rekaan Puzo, kini diadaptasi bukan cuma oleh masyarakat biasa, tapi juga mereka yang terlibat bisnis mafia.

Salvadore ‘Sammy the Bull’ Gravano, bos mafia dari klan Gambino, dalam wawancaranya dengan Jeffrey Goldberg dari The New York Times, sempat tak percaya kalau Puzo cuma mereka-reka belaka kehidupan gangster dalam novelnya itu.

“Tidak mungkin,” kata Gravano. “Pasti ada yang menolong dia (mengarang).”

Saat ditanya Jeffrey kenapa ia begitu yakin kalau Puzo dibantu gangster sungguhan, Gravano menjawab: “Karena dia tahu bagaimana hidup dingin kami. Dia punya semua atmosfernya, cara kami ngomong. Adegan menikah—maksudku, itu terlalu nyata.”

Puzo mengaku tak dibantu siapa-siapa. Ia memang melakukan riset kecil-kecilan: pergi ke perpustakaan, membaca berita di koran, dan membaca beberapa referensi. Tapi, semua yang ia tulis dalam The Godfather cuma rekaannya belaka.

“Itulah kekuatan sebuah karya seni,” kata Santopietro.

Baca juga: Kisah Kematian Sherlock Holmes yang Bikin Geger Dunia

Related

Film 7767022715348442038

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item