Tips Bila Kopling Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Tips Bila Kopling Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Naviri Magazine - Selain pedal gas dan rem, mobil juga dilengkapi dengan pedal kopling. Ketika sedang berkendara, dan dalam perjalanan menanjak, bisa jadi kita mengalami peristiwa yang tak terduga. Saat menginjak pedal kopling, kita seperti mencium aroma sangit atau bau tak sedap, yang sepertinya berasal dari kopling. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Kondisi ini biasanya terjadi karena gesekan kopling yang terlalu kuat. Terkait berbahaya atau tidaknya, Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung, Raden Intan, mengatakan hal tersebut bisa menjadi bahaya apabila ternyata gesekan yang kuat tadi mengakibatkan kopling habis.

“Efeknya, tenaga mesin tidak dapat diteruskan ke roda, sehingga kendaraan akan mundur,” ujar Nurrahman.

Kemudian, soal baunya, itu ditimbulkan karena karakter beberapa bahan material bergesekan secara berlebihan, kemudian menjadi panas dan mengeluarkan bau.

“Tak hanya kopling, begitu juga dengan cakram rem maupun tromol rem. Apabila bergesekan secara berlebihan, maka bisa berefek panas serta bau,” ujar Nurrahman.

Tindakan pasca munculnya bau sangit

Timbulnya bau tersebut karena penggunaan kopling yang berlebihan. Jadi, apabila ada tanda-tanda seperti itu, menimbulkan bau tak sedap, perlu dicek dahulu kondisinya.

Bahkan apabila dalam perjalanan, periksa dengan saksama apakah masih bisa dilanjutkan perjalanannya dengan kopling lama atau tidak. Pasalnya, apabila kampas kopling sudah tipis, maka tenaga akan berkurang.

“Lalu jika memang masih bisa dilanjutkan, metode penggunaan kopling saat berkendara perlu diatur, agar tidak bergesekan secara berlebihan (biasanya akibat menggunakan setengah kopling atau menggantung pedal kopling),” ujar Nurrahman.

Baca juga: Mengapa Pertamax Lebih Mahal Dibanding Pertalite dan Premium

Related

Automotive 5211111218502988985

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item