La Galigo, Karya Sastra Terbesar di Dunia Asal Indonesia

La Galigo, Karya Sastra Terbesar di Dunia Asal Indonesia

Naviri Magazine - Jika ditanya apa karya sastra terbesar di dunia, mungkin jawaban kita adalah Mahabharata atau Ramayana. Karena dua epos itu memang terkenal di dunia, bahkan telah diangkat ke layar kaca dan layar film. Namun, sebenarnya, karya sastra terbesar di dunia adalah La Galigo, asal bumi Nusantara.

La Galigo atau Sureq Galigo adalah epik mitos dari peradaban Bugis di Sulawesi Selatan, yang ditulis pada abad ke-13 sampai abad ke-15, dalam bentuk puisi bahasa Bugis kuno atau huruf Lontara Bugis. Puisi ini terdiri dalam 5 sajak. Selain menceritakan asal-usul manusia, digunakan juga sebagai almanak praktis.

Versi tertulis hikayat ini paling awal diawetkan pada abad ke-18, dimana versi sebelumnya telah hilang akibat serangga, iklim, atau perusakan. Akibatnya tidak ada versi yang pasti. Namun, bagian-bagian yang telah diawetkan berjumlah 6.000 halaman, atau sekitar 300.000 baris teks, membuatnya menjadi karya sastra terbesar.

Epik ini bercerita tentang Sawerigading, seorang pahlawan yang gagah berani dan juga perantau.

La Galigo sebenarnya bukan teks sejarah, karena isinya penuh mitos dan peristiwa yang luar biasa. Namun demikian, epik ini telah memberikan gambaran kepada sejarawan mengenai kebudayaan Bugis sebelum abad ke-14.

Galigo versi bahasa Bugis sekarang hanya dipahami oleh kurang dari 100 orang. Sejauh ini, hanya dapat dibaca dalam bahasa Bugis aslinya. Hanya sebagian saja dari Galigo yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, dan tidak ada versi lengkapnya dalam bahasa Inggris.

Sebagian manuskrip La Galigo dapat ditemui di perpustakaan-perpustakaan di Eropa, terutama di Perpustakaan Koninklijk Instituut Voor Taal- Land- en Volkenkunde. Terdapat juga 600 surat tentang epik ini di Yayasan Kebudayaan Sulawesi Selatan dan Tenggara, dan jumlah surat yang tersimpan di Eropa dan di yayasan ini sekitar 6.000, belum termasuk simpanan pribadi pemilik lain.

Baca juga: Misteri Gedung Rahasia di Negara Terkecil Dunia

Related

World's Fact 4966789150755278615

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item