Menjadi Langsing dan Sehat dengan Rajin Beres-beres Rumah

 Menjadi Langsing dan Sehat dengan Rajin Beres-beres Rumah

Naviri Magazine - Kelebihan berat badan terjadi karena banyaknya lemak yang berasal dari asupan yang kita makan. Jika jumlah makanan kita jauh lebih banyak daripada energi yang dikeluarkan, maka berat badan pun bertambah. Karenanya, upaya untuk menjaga berat badan adalah rajin berolah raga, agar lemak di tubuh terbakar menjadi kalori.

Kalau pun tidak punya waktu untuk rutin berolah raga, ada baiknya untuk sering menggerakkan tubuh dengan hal-hal sederhana, semisal membersihkan dan beres-beres rumah.

Aktivitas ringan semacam itu secara langsung juga berpengaruh pada pembakaran kalori dalam tubuh. Sumbangsih pembakaran kalori setiap aktivitas berbeda-beda. Calorielab.com, sebuah situs pengukur kalori, merilis sejumlah aktivitas bersih-bersih rumah yang punya efek besar pada pembakaran kalori.

Menyapu lantai selama 15 menit, misalnya, bisa membakar 39 kalori. Jika dilakukan selama satu jam, pembakaran kalori bisa mencapai 156 kalori. Mencuci piring sambil berdiri selama 15 menit bisa membakar kalori hingga 22 kalori, atau 88 kalori dalam satu jam.

Aktivitas lain, seperti mengangkat atau memindahkan perabotan ke lantai dua, bisa membakar banyak kalori hingga 544 kalori dalam satu jam. Bahkan bermain bersama anak bisa membakar kalori sampai 272 kalori selama satu jam.

Pada dasarnya, aktivitas pembakaran kalori ini adalah proses mengubah lemak menjadi energi. Aktivitas ini bukan hanya cocok dilakukan orang dengan usia tertentu, tapi juga baik dilakukan oleh orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Aktivitas di rumah juga berpengaruh pada penurunan risiko penyakit pada orang-orang obesitas. Obesitas sendiri pada intinya adalah tidak seimbangnya antara asupan kalori dengan aktivitas pembakaran kalori. Seandainya setiap pekerjaan rumah dilakukan sendiri, kemungkinan akan meminimalkan orang menjadi obesitas.

Baca juga: Ini Penyebab Badan Mudah Capek, dan Cara Mengatasinya

Related

Health 7693936206697177066

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item