Mahabharata, Kisah Klasik India yang Populer di Indonesia

Mahabharata, Kisah Klasik India yang Populer di Indonesia

Naviri Magazine - Mahabharata adalah kisah dari India yang populer di Indonesia, selain Ramayana. Bahkan, popularitas Mahabharata di Indonesia sudah dimulai sejak bertahun-tahun lalu, hingga kisah Mahabharata dikenali oleh semua kalangan masyarakat, dari anak-anak sampai orang tua.

Cerita Mahabarata adalah kisah atau wiracarita sastra Hindu Klasik. Isi ceritanya, sesuai namanya, berputar pada cerita keluarga Bharata. Rentang waktu sebagai latarnya berlangsung antara masa 400 tahun sebelum dan sesudah Masehi. Pengarangnya adalah Wiyasa, atau biasa ditulis dengan huruf V (Viyasa).

Dari sisi penulisan, epos Mahabarata terdiri dari 100.000 seloka. (Satu seloka terdiri dari dua baris, dan setiap barisnya terdiri dari 16 suku kata). Keseluruhan cerita Mahabarata terbagi menjadi 18 jilid/parwa. Itulah sebabnya cerita Mahabarata juga disebut Asta Dasa Purwa. (Asta=hasta=delapan, dasa=sepuluh, parwa=jilid).

Meski berasal dari India, cerita Mahabarata sangat terkenal di Indonesia, khususnya pada suku Jawa, sehingga bisa dikatakan kisah cerita hidup para tokoh dari cerita Mahabarata, khususnya Pandawa, menjadi semacam patokan dari baik tidaknya karakter seseorang.

Pada tahun 1000 Masehi, pada zaman pemerintahan Darmawangsa, epos Mahabarata mulai disadur ke dalam bahasa Jawa. Dan pada abad ke-15, epos ini kemudian disadur ke dalam bahasa Melayu, dan ditulis menggunakan huruf Jawi (Kawi).

Baca juga: Misteri Harta Karun di Kanada yang Meminta Banyak Nyawa

Related

Insight 8749956287560744964
item