Penemuan Manuskrip 'Da Vinci Code' di Perpustakaan Prancis

Penemuan Manuskrip 'Da Vinci Code' di Perpustakaan Prancis

Naviri Magazine - Sebuah manuskrip berisi kode-kode karya Leonardo da Vinci ditemukan di sebuah perpustakaan umum di kota Nantes, Prancis.

Manuskrip ini ditemukan setelah seorang wartawan secara tidak sengaja menemukan rujukan terhadap manuskrip itu dalam sebuah tulisan biografi Leonardo, demikian pernyataan perpustakaan itu.

Manuskrip ditemukan diantara sekitar 5.000 manuskrip lain, yang diberikan oleh kolektor terkemuka, Pierre-Antoine Labouchere, pada 1872, namun kemudian terlupakan.

Teks dalam manuskrip itu ditulis dari kanan ke kiri, dalam gaya cermin khas tulisan tangan Leonardo yang terkenal, namun belum dipecahkan sandinya.

'Bahasa asing'

"Paling mungkin dia menuliskannya pada abad 15 di Italia, dan mungkin dituliskan dengan bahasa asing," kata Kepala Perpustakaan Nantes, Agnes Marcetteau.

Potongan kertas dari gulungan warna cokelat itu merapakan barang langka berharga kedua yang ditemukan di antara tumpukan sumbangan koleksi Labouchere, setelah sebelumnya ditemukan pula tulisan komposisi musik karya Wolfgang Amadeus Mozart, di antara tumpukan itu pada 2008.

Leonardo da Vinci (1452-1519) adalah salah satu perupa dan ilmuwan paling terkemuka pada era Renaisans. Adi karyanya termasuk lukisan Mona Lisa, yang kini dipajang di museum Louvre di Paris.

Dia juga mendesain produk contoh untuk mesin yang bisa terbang, dengan bentuk sayap memutar, yang mirip dengan desain helikopter pada masa kini.

Baca juga: Misteri Penemuan Kerangka dan Mayat di Tengah Hutan

Related

World's Fact 8834203045361328793

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item