Panduan Memahami Tombol Transmisi Gigi Pada Mobil Matik

Panduan Memahami Tombol Transmisi Gigi Pada Mobil Matik

Naviri Magazine - Mana yang lebih enak dikendarai, mobil dengan transmisi manual atau mobil dengan transmisi otomatis (matik)? Mungkin jawabannya relatif, karena tergantung kebiasaan orang per orang. Mobil matik mungkin lebih mudah dikendarai, karena transmisinya otomatis.

Dalam hal ini, mobil bertransmisi otomatis umumnya dilengkapi tombol pengunci untuk memindahkan posisi gigi transmisi. Letaknya pun beragam, bisa berada di samping sehingga jempol dapat menekannya, atau berada di depan ujung tuas yang dapat dijangkau telunjuk.

Jadi, fungsi tombol pengunci ini sebagai pengunci agar tuas tidak mudah berpindah. Apabila pengemudi hendak memulai perjalanan, maka harus memindahkan tuas transmisi posisi dari P ke D seraya memencet tombol tadi. 

Umumnya, tombol ini terdapat pada tuas transmisi yang mekanis perpindahannya secara vertikal.

Namun, perlukah setiap perpindahan posisi pengemudinya harus memencet tombol tersebut? Menjawab hal ini, Technical Support Auto 2000, Agus Mustafa, memberikan jawabannya.

"Enggak apa-apa (selalu memencet tombol). Kan model kerjanya seperti slot pintu, jadi bila ditekan dia (tuas transmisi) bisa bergeser (pindah posisi), kalau model perpindahannya zig-zag enggak perlu pencetan," jelas Agus.

Agus juga menjelaskan, perpindahan gigi dengan memencet tombol ini lebih ditekankan pada saat berpindah dari posisi P (Parking) ke R (Reverse). Menurutnya, pada perpindahan transmisi ini akan sangat berbahaya bila tidak ada mekanisme penguncian. 

"Desainernya kan sudah pikirkan, sebetulnya yang membahayakan itu dari posisi P ke R, makanya ditingkatin unsur safety-nya. Enggak bisa langsung digeser, mesti rilis dulu lewat tombol itu. Kalau R ke N (Netral) atau N ke D enggak usah pencet tombolnya bisa langsung geser," pungkasnya.

"Kalau dari D kemudian ke N atau sebaliknya bisa sambil mencet atau tanpa pencet pun enggak apa-apa, karena memang diperbolehkan, secara sistem bisa," tambahnya.

Hanya saja perlu disikapi, saat berpindah gigi dengan selalu memencet tombol pengunci, salah-salah saat ingin berhenti dan memindahkan posisi dari D ke N, tuas transmisi akan terus bergeser ke posisi R. Jadi, sebetulnya saat berpindah dari D ke N, atau N ke R tidak perlu memencet tombol.

Baca juga: Hati-hati, Merokok di Dalam Mobil Berbahaya bagi Kesehatan

Related

Automotive 2263378780840807250

Recent

item