Ini Cara yang Benar Saat Memarkir Mobil Bertransmisi Manual

Ini Cara yang Benar Saat Memarkir Mobil Bertransmisi Manual

Naviri Magazine - Mobil tentu tidak akan terus berjalan, karena sering pula harus berhenti dan parkir di suatu tempat. Misalnya di halaman swalayan, saat kita akan berbelanja. Ketika harus memarkir mobil, apa yang biasanya kita lakukan?

Beberapa pemilik mobil, terutama yang transmisi manual, punya anggapan bahwa agar lebih aman saat diparkir, kendaraan sebaiknya dalam posisi masuk ke gigi. Hal ini dianggap dapat mengunci roda, sehingga kalau-kalau rem tidak bekerja, laju kendaraan dapat tertahan dengan bantuan transmisi.

Hal ini terdengar masuk akal. Namun, menurut Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, hal ini tidak disarankan.

"Saat parkir, dianjurkan masuk gigi netral, karena akan terbebas hubungan antara mesin dengan roda. Jadi tidak saling menahan," terangnya.

Dia menjelaskan, ada sangat banyak parts yang terlibat saat tranmisi masuk di gigi 1, misalnya mulai dari roda gigi, pelat kopling, propeller shaft, dan masih banyak lainnya. Meski tidak seketika, menurut Didi, lambat laun parts ini dapat rusak karena keadaannya yang saling menahan.

Lebih lanjut, dia menerangkan, kondisi rem parkir atau rem tangan dalam keadaan yang baik sudah sangat cukup untuk menjaga posisi kendaraan dalam kondisi diam. Hal ini termasuk ketika kendaraan harus menghadapi parkiran di jalan yang sedikit menanjak ataupun menurun.

Kalau memang pemilik kendaraan kurang percaya diri dengan kekuatan rem tangan, Didi pun menawarkan solusi agar tidak perlu mobil diparkir dengan posisi transmisi di gigi 1 ataupun gigi mundur.

"Sebaiknya setelah hand brake, roda diganjal saja," ujarnya.

Cara ini dianggap lebih aman, dan dapat menjaga kondisi komponen-komponen dalam kendaraan.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Busi untuk Mobil dan Sepeda Motor

Related

Automotive 7259499518062299180

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item