Panduan Mengelola dan Membayar Cicilan Utang Setiap Bulan

Panduan Mengelola dan Membayar Cicilan Utang Setiap Bulan

Naviri Magazine - Kalau bisa, memang, sebaiknya kita tidak usah punya utang. Namun, sering kali kita menghadapi keadaan yang membuat kita harus berutang. Entah karena ada kebutuhan mendesak, atau karena membeli sesuatu dengan cara mencicil. Apalagi saat ini ada kartu khusus yang ditujukan untuk utang, yaitu kartu kredit.

Kalau memang kehidupan kita tidak bisa dilepaskan dari utang atau cicilan, kita perlu mengelola utang tersebut, agar utang yang ada bisa dibayar secara lancar tanpa masalah, dan agar kehidupan kita tetap tenang dan minim gejolak. Uraian berikut ini mungkin bisa membantu.

Nominal utang 

Buatlah catatan dari utang-utang yang Anda miliki, termasuk dari siapa Anda meminjam, jumlah utang, jumlah cicilan tiap bulan, dan tanggal batas pembayaran cicilan. Anda dapat mencocokkan catatan yang Anda tulis dengan laporan kredit, lihat secara periodik, perbaharui setiap beberapa bulan saat jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan berubah.

Bayar tagihan tepat waktu 

Pembayaran di akhir waktu atau bahkan telat akan memberikan banyak masalah selain denda. Beban mental, capek, pasti ada jika Anda terus menunda pembayaran cicilan utang.

Akan tetapi, dengan menyiapkan uang cicilan jauh sebelum jatuh tempo, akan memberi ruang bernapas, dan Anda dapat bermanuver di antara setiap kebutuhan finansial. Apalagi jika telat membayar dalam dua bulan sekaligus, bunga pinjaman dan denda akan meningkat signifikan, dan menyulitkan keuangan Anda nantinya.

Jika Anda menggunakan kalender digital di komputer ataupun HP, masukkan uang yang sudah Anda siapkan jauh-jauh hari, dan bunyikan pengingat beberapa hari sebelum jatuh tempo. Jika sudah lewat masa tempo, jangan tunggu sampai tempo berikutnya untuk membayar. Langsung saja bayar, jadi tanggungan Anda pun lebih ringan untuk bulan berikutnya.

Capai target minimal cicilan

Jika Anda merasa tidak sanggup menabung sebulan lebih cepat untuk cicilan, paling tidak Anda harus mencapai cicilan bulan ini. Tentu saja hal ini tidak membantu Anda melangkah lebih jauh dalam menyelesaikan tagihan lebih cepat.

Namun, Anda dapat membatasi utang agar tidak bergerak di luar kendali. Pastinya harus ada manajemen keuangan yang baik, untuk dapat menyisakan uang yang cukup setiap bulan.

Tentukan utang yang lebih dulu harus dibayar

Cicilan kartu kredit harus menjadi prioritas utama. Dari semua kartu kredit yang Anda miliki, kartu yang memiliki bunga cicilan paling besar biasanya jadi pilihan selanjutnya, karena pastinya kartu tersebut yang paling banyak menghabiskan uang Anda.

Buatlah catatan sebagai prioritas atas setiap utang yang Anda miliki, dan susunlah mana yang ingin Anda bayar terlebih dulu. Anda juga bisa membayar utang yang paling kecil terlebih dahulu, dan menyisakan yang sulit belakangan.

Beberapa pinjaman online yang Anda miliki bisa jadi menjadi prioritas kedua. Hubungi pihak pemberi pinjaman, dan berkonsultasilah dengan rutin supaya semua tagihan Anda dapat tepat waktu dan tanpa hambatan apa pun.

Atau jika Anda memiliki asuransi mobil, lebih bijak untuk memutuskan kerja sama terlebih dahulu, sampai Anda dapat fokus membayar cicilan utang Anda dengan teratur.

Prioritaskan akun yang positif

Jika Anda memiliki dana terbatas untuk membayar cicilan, fokuslah untuk menyelesaikan tagihan lainnya dengan maksimal. Jangan korbankan satu akun dengan reputasi yang baik untuk kredit bermasalah di akun lainnya. Melainkan, bayarlah akun yang sudah lewat jatuh tempo, saat Anda benar-benar bisa membayarnya.

Coba mulai tabungan 

Tanpa adanya tabungan, Anda harus berutang jika butuh dana mendadak. Bahkan tabungan kecil yang Anda miliki sebenarnya dapat membantu di saat-saat seperti ini. Pertama-tama, coba tabung sedikit demi sedikit, mulai dari 2 juta sampai 5 juta rupiah.

Jika Anda berhasil mengumpulkan uang tersebut, coba tingkatkan nilai tabungan sampai 10 juta atau 20 juta rupiah. Paling tidak, Anda punya tabungan selayaknya 6 kali gaji per bulan Anda sekarang.

Rencanakan pengeluaran setiap bulan

Dengan merencanakan pengeluaran setiap bulan, Anda akan berhati-hati mengenai pengeluaran di luar rencana awal. Tambahannya, Anda juga dapat merencanakan ulang pengeluaran jika ada pengeluaran mendadak di awal bulan, sehingga tidak mencekik Anda di akhir bulan nanti.

Jika Anda dapat merencanakan dengan baik, siapa tahu ada uang lebih di akhir bulan nantinya, yang dapat digunakan untuk membayar tagihan Anda lebih cepat.

Mengetahui kapan butuh bantuan

Jika Anda merasa sulit membayar tagihan setiap bulan, jangan ragu untuk meminta bantuan pihak ketiga, atau berbicara dengan pemberi pinjaman secara langsung.

Akan ada pilihan seperti opsi agunan, atau mendeklarasikan kebangkrutan secara legal kepada pihak notaris yang dapat menghilangkan tanggungan utang Anda sama sekali. Namun, Anda harus tetap memikirkan lebih jauh konsekuensi dari keputusan yang Anda buat.

Beberapa platform penyedia pinjaman uang di Indonesia menyediakan konsultasi, dan ini akan membantu Anda secara jangka panjang untuk dapat secara rutin membayar cicilan tanpa masalah.

Baca juga: Ini Kesalahan Finansial Selama Pacaran, yang Sebaiknya Dihindari

Related

Money 3358122434495727532

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item