Begini Cara yang Benar dan Aman Mencuci Mesin Mobil

Begini Cara yang Benar dan Aman Mencuci Mesin Mobil

Naviri Magazine - Para pemilik mobil biasanya rajin memandikan atau mencuci mobilnya. Setelah dipakai berkendara seharian, bisa jadi mobil tampak lusuh, dan perlu dicuci atau dibersihkan. Terkait hal itu, orang biasanya hanya fokus mencuci bagian luar mobil, atau sekalian membersihkan bagian dalamnya, namun abai terhadap mesin mobil.

Meski tersembunyi di balik kap, bukan berarti mesin mobil tidak perlu mendapat perhatian khusus. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan bagian yang satu ini.

Meski begitu, membersihkan mesin mobil tidak bisa diperlakuan sama dengan membersihkan eksterior. Ada beberapa bagian yang justru sangat sensitif dan butuh perlakuan khusus.

"Dalam auto detailing, kalau bagian lain kesalahan masih bisa dibenerin. Kalau kena mesin, apalagi ECU (electronic control unit)-nya kena, bisa error satu mobil," terang CEO XTO Indonesia, Christopher Sebastian.

Oleh sebab itu, pria yang juga merupakan pakar auto detailing ini kemudian menyebut, "menyemprot mesin dengan air itu haram hukumnya." Bahkan, menyiram dengan air dalam jumlah besar juga tidak disarankan.

Menurut dia, dalam membersihkan mesin, sebenarnya cukup menggunakan kain mikrofiber—seperti kanebo—yang dibasuh air, dan bisa dibantu dengan kuas untuk menggosok bagian yang sulit dijangkau.

Nah, kalau yang dihadapi adalah noda yang membandel, ada cara trik khusus yang bisa dilakukan.

"Biasa disemprot atau disiram, kan biar cepet luntur kotorannya. Sebenarnya, tanpa tekanan tinggi pun, mesin bisa dibersihkan kalau pakai senyawa yang kuat," jelas Christopher lagi.

Senyawa yang dimaksud ada pada busa sabun. Meski begitu, jika menggunakan sabun biasa, menurut Christopher, akan tetap memerlukan banyak air untuk efektif membersihkan noda. Namun, hal ini otomatis membuat risiko ECU bisa terkena air semakin besar.

Oleh sebab itu, sarannya adalah menggunakan sabun khusus untuk mencuci mesin kendaraan yang memiliki kandungan kimia khusus yang dapat membantu menanggalkan kotoran pada mesin, dengan campuran air yang lebih sedikit.


Related

Tips 4221109622744638360

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item