Cara Menghasilkan Banyak Uang dengan Menjadi Mitra Pasif

Cara Menghasilkan Banyak Uang dengan Menjadi Mitra Pasif

Naviri Magazine - Andaikan saja ada teman Anda yang punya ide usaha bagus, dan berencana membangun bisnis untuk ide tersebut. Namun, dia mengalami masalah, yaitu tidak adanya modal.

Anda mengetahui hal tersebut, dan percaya pada ide teman Anda, dan kebetulan Anda punya uang yang bisa dijadikan modal. Maka, Anda pun menyerahkan sejumlah uang sebagai modal untuk teman Anda menjalankan bisnisnya. Yang Anda lakukan adalah menjadi mitra pasif.

Menjadi mitra pasif dari sebuah usaha bisa menjadi pilihan untuk sumber penghasilan Anda. Yang perlu dilakukan adalah mencari mitra bisnis aktif untuk menjalankan usahanya.

Anda bisa menawarkan pada teman atau keluarga sebagai pemodal dari usaha yang akan mereka jalankan. Tentunya mereka akan memberikan proposal usaha, agar Anda memahami jenis usaha apa yang akan dijalankan.

Adapun hal yang harus Anda perhatikan adalah seberapa potensi usaha yang akan Anda modali, dan pastikan Anda memiliki keuatan hukum untuk menghindari masalah di masa mendatang.

Pastikan Anda memperhatikan kelebihan dan kekurangan menjadi mitra usaha pasif berikut ini:

Kelebihan menjadi mitra usaha pasif

Penghasilan pasti dari keuntungan bulanan atau tahunan usaha yang dijalankan.

Anda tidak perlu turun langsung menjalankan usaha, cukup memantau perkembangan usaha.

Jika usaha berkembang dengan baik, ada kemungkinan penghasilan pasif Anda juga akan terus meningkat.

Kekurangan menjadi mitra usaha pasif

Risiko penipuan bisa terjadi pada siapa saja. Seberapa dekat pun Anda dengan rekan bisnis Anda, dasar hukum selalu dibutuhkan. Pastikan Anda memiliki perjanjian tertulis yang sah secara hukum, untuk menjadi dasar kerjasama Anda.

Karena status Anda adalah individu yang memberikan modal, dan bukan badan usaha atau lembaga, maka selalu carilah mitra usaha yang sudah Anda kenal. Ada baiknya Anda menawarkan niat ini pada orang-orang terdekat di lingkungan keluarga atau teman. Sehingga jika terjadi hal yang tidak dinginkan nantinya, Anda bisa lebih mudah menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pastikan usaha yang nantinya berjalan adalah legal atau sah secara hukum. Anda pasti tidak menginginkan risiko perizinan atau legalitas lainnya mengganggu jalannya kerjasama.

Anda harus mengawasi perkembangan usaha. Walaupun status Anda adalah mitra usaha pasif, namun Anda harus mengawasi jalannya usaha, dan tidak hanya mengandalkan laporan dari rekan usaha Anda.

Biasanya, mitra usaha pasif adalah penanam modal yang paling besar. Anda harus menyiapkan dana lebih banyak dari total modal usaha yang akan dibangun. Hal ini mengingat nantinya Anda tidak ikut bekerja menjalankan usaha.

Keuntungan yang didapatkan tergantung dari besar kecilnya bisnis yang berjalan. Namun yang pasti, selama usaha berjalan dan menghasilkan keuntungan, maka Anda pun bisa mendapatkan penghasilan pasif sesuai perjanjian.

Baca juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang dengan Peer-to-Peer Lending

Related

Money 7487792422108395794
item