Menikahi Wanita Lebih Tua Ternyata Punya Manfaat Tak Terduga

Menikahi Wanita Lebih Tua Ternyata Punya Manfaat Tak Terduga

Naviri Magazine - Rata-rata pria ingin menikah dengan wanita yang usianya lebih muda, atau setidaknya memiliki usia yang sama dengannya. Sangat jarang ada pria yang menginginkan pasangan wanita lebih tua darinya. Kenyataannya kita juga sangat jarang menjumpai kenyataan semacam itu. Setiap kali ada teman yang menikah, hampir bisa dipastikan si wanita lebih muda daripada si pria.

Padahal, tidak ada larangan bagi pria untuk menikah dengan wanita yang lebih tua. Lebih dari itu, menikah dengan wanita yang usianya lebih tua ternyata mengandung berbagai manfaat yang tak terduga.

Marty Nemko, seorang profesor di bidang psikologi pendidikan dari Universitas California, Berkeley, menyimpulkan beberapa alasan bagus untuk memilih perempuan dengan usia lebih tua. Dalam laman Psychology Today, ia memulai prolog dengan kisah pernikahannya yang telah berumur 40 tahun bersama sang istri yang terpaut usia lima tahun lebih tua darinya.

Nemko mengutip buku Alfred Charles Kinsey, berjudul Sexual Behavior In The Human Female. Dalam buku tersebut, Kinsey menyatakan hormon seksual pria mencapai puncak pada usia 18 tahun. Sementara kondisi serupa baru dirasakan perempuan pada awal usia 30 tahunan.

Analisis itu menggunakan ukuran umum kompatibilitas seksual, namun faktor lain seperti jumlah hormon tetap mempengaruhi kondisi seksual tiap individu.

“Dengan menikahi perempuan yang lebih tua, artinya seorang pria telah meningkatkan peluang kompatibilitas seksualnya,” Nemko menyimpulkan.

Alasan kedua mencakup kedewasaan. Nemko berpendapat, semakin bertambah umur seseorang, semakin kaya pula pengalaman hidup dan kematangan sikapnya. Menikahi perempuan yang lebih tua kemungkinan berarti menikahi individu yang lebih matang dan dewasa. Peluang terhadap perselingkuhan dan perselisihan soal hal-hal sepele semakin kecil, dibanding menikahi perempuan dengan umur yang setara atau lebih muda.

Ukuran kedewasaan yang sama juga bisa diterapkan dalam pola pengasuhan anak. Butuh ketenangan dan kedewasaan untuk kegiatan yang menguras kesabaran dan energi itu. Perempuan yang berusia 30 tahunan lebih mungkin memiliki pengendalian diri secara konsisten, ketimbang mereka yang berusia 20 tahunan.

Alasan ketiga adalah kematangan finansial. Perempuan-perempuan dengan usia matang telah lebih dulu terjun dalam kariernya. “Mereka berpeluang menyumbang lebih banyak pendapatan dalam rumah tangga, menawarkan pekerjaan, dan saran bagus bagi pasangannya,” kata Nemko.

Selain alasan-alasan dalam hal psikis, biologis, dan ekonomi yang telah dipaparkan di atas, memilih perempuan yang lebih tua ternyata punya kecocokan ketika ditelisik dari sisi kompatibilitas kesehatan.

Jika seorang pria memilih perempuan yang lebih tua darinya sebagai pasangan, mereka lebih berpeluang menjadi tua dan memudar bersama. Namun, tentu saja di atas itu semua ada soal cinta, kecocokan, serta komitmen.

Baca juga: Ini Penyebab Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Pria

Related

Relationship 2534400704455331470
item