Mahasiswa Ini Meraup Penghasilan Rp800 Juta dari Ide Sederhana

Mahasiswa Ini Meraup Penghasilan Rp800 Juta dari Ide Sederhana

Naviri Magazine - Siapa yang menyangka kalau ide sederhana bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar? Kita tidak tahu sebelum mencobanya. Kenyataan itu telah dibuktikan oleh Kolaliandri Ginting (21 tahun), atau akrab disapa Andri. Ia adalah mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) dari Tanah Karo.

Mulanya, Andri ingin mencari uang tambahan selama kuliah, agar tidak lagi merepotkan kedua orang tuanya. Ia ngin memiliki sebuah usaha sendiri. Selain itu, ia juga tak cukup uang untuk dijadikan modal usaha.

Akhirnya ia memutuskan menggunakan uang yang seharusnya digunakan untuk bayar kos sebagai modal usahanya. Untungnya, pemilik kos berbaik hati mengizinkan.

Dari uang itulah Andri memulai bisnis mesin cuci sepeda motor hasil rakitan sendiri pada 2016 lalu. Alasan memilih bisnis mesin cuci motor rakitan itu lantaran dirinya terinspirasi ketika pernah suatu ketika mencuci motor milik sang ayah.

Berbekal kreativitas dan pengetahuannya, Andri mampu menginovasi sebuah mesin cuci motor menjadi lebih lengkap dan praktis dari aslinya. Andri tak perlu membuat desain dari awal. Ia cukup menambahkan selang sepanjang 5 meter, adaptor, gun sprayer, hingga komponen-komponen lainnya.

Mesin cuci sepeda motor rakitannya itu sangat unik, dengan kekuatan listrik 100 watt. Meski demikian, alat ini juga dapat digunakan bagi konsumen yang tidak terjangkau aliran listrik PLN. Cukup dengan menggunakan capit buaya yang menghubungkan mesin tersebut dengan aki sepeda motor atau mobil, mesin cuci itu bisa langsung digunakan.

Kreativitas dan pengetahuannya dengan mesin didapatkan, karena dulunya ia kerap diminta orang tuanya untuk membeli spare part pertanian, sebab orang tuanya memiliki usaha sejenis. Dari sana, ia mempelajari seluk-beluk komponen-komponen mesinnya.

Tak disangka, banyak orang yang tertarik membeli mesin cuci motor rakitannya, saat produk tersebut dipasarkan melalui sebuah toko daring atau online.

Kini Andri telah memperkerjakan 6 karyawan untuk memproduksi hingga memasarkan produknya. Rata-rata ia mampu menjual hingga 500 unit mesin cuci motor buatannya per minggu. Dari penjualannya per minggu itu, Andri dikabarkan meraup sekitar Rp 800 juta.

Atas kreativitas dan kerja kerasnya itu, dia tidak hanya bisa membayar sewa kos. Bahkan dari akun sosial media Instagram-nya, beberapa unggahannya menunjukkan dirinya telah mengunjungi beberapa negara. Di antara negara yang pernah dikunjunginya adalah Malaysia, China, hingga Mesir.

Baca juga: Jual Permen Hingga Air Mineral, Pria Ini Jadi Orang Super Kaya

Related

Business 1348786679116225516
item