Misteri Oliver, Simpanse yang Jatuh Cinta Pada Manusia

Misteri Oliver, Simpanse yang Jatuh Cinta Pada Manusia

Naviri Magazine - Pada 1960, siampanse bernama Oliver dipelihara dan dilatih oleh Frank dan Janet Berger. Oliver ditemukan di pasar hewan gelap di daerah Kongo. Dibanding simpanse jantan lain, Oliver paling mirip manusia.

Tahun 1977, pasangan Berger menjual Oliver ke Ralph Helfer, yang membawa Oliver ke Discovery Channel pada tahun 2006. Janet Berger bahkan mengaku menjual Oliver karena simpanse itu coba mendekatinya. Janet yakin bahwa Oliver adalah peranakan simpanse dan manusia.

Oliver akhirnya masuk laboratorium pada 1989, dan menjalani serangkaian tes medis. Namun, hasilnya simpang siur. Satu pihak menganggap Oliver tidak sepenuhnya simpanse, sedangkan ahli genetika Universitas Chicago mengatakan sebaliknya.

Kontroversi yang terus berlanjut akhirnya memaksa penelitian dihentikan, Oliver bebas, dan ia ditempatkan di cagar alam khusus primata di Texas.

Baca juga: Ini Kecerdasan Semut yang Belum Pernah Kita Bayangkan!

Related

World's Fact 85548771048699488

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item