Misteri Suara Aneh di Langit, dari Kanada Sampai Indonesia

Misteri Suara Aneh di Langit, dari Kanada Sampai Indonesia

Naviri Magazine - Meski telah ribuan tahun tinggal di Bumi, manusia belum mampu memahami semua hal yang ada di bumi. Buktinya, ada berbagai fenomena aneh di Bumi yang tetap tidak bisa dipahami, salah satunya keberadaan suara-suara aneh yang muncul di langit maupun di darat.

Manusia belum bisa memahami bagaimana Bumi menghasilkan bunyi-bunyi yang misterius, yang terjadi di darat maupun langit. Banyak orang yang dikejutkan suara-suara yang datang entah dari mana.

Fenomena suara misterius yang terjadi di udara disebut hum. Suara mendengung di langit itu pertama kali dilaporkan pada awal 1990-an di Taos, New Mexico, Amerika Serikat. Dengungan itu kemudian disebut Hum Taos.

Di Indonesia, baru-baru ini terdengar suara misterius di langit kota Pekalongan, Jawa Tengah. Suara atau hum itu dilaporkan terdengar sekitar pukul 01.10 WIB, dan direkam oleh seorang pengguna Facebook.

Fenonema munculnya suara misterius ini juga pernah terjadi di Kanada pada 2013. Suara mendengung yang misterius di Kanada dikenal dengan nama Windsor Hum, karena terdengar di wilayah Windsor, Ontario. New York Times mengabarkan bahwa suara misterius itu mirip suara truk atau mesin diesel.

Suara misterius yang terdengar di Kanada memang bukan fenomena baru. Windsor Hum sudah terdengar sejak tahun 2011, namun belum ada penjelasan yang memuaskan mengenai asal dari suara misterius tersebut.

Banyak yang mengkhawatirkan efek Windsor Hum pada kesehatan. Anggota Dewan Kanada, Tracey Ramsey, mengaku banyak mendapatkan telepon yang menanyakan apakah dengungan tersebut berbahaya bagi kesehatan atau tidak.

Ia mengatakan beberapa warga mengaku sakit kepala, tidak bisa tidur, mudah marah, dan depresi, yang mereka hubungkan dengan peristiwa suara misterius tersebut.

Dana untuk meneliti hum

Kanada pun serius ingin mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan munculnya suara misterius tersebut. Pada tahun 2013, pemerintah Kanada menggelontorkan dana sebesar 60 ribu dolar AS atau sekitar Rp 800 juta untuk meneliti hum. Dua universitas yang mendapatkan dana tersebut adalah University of Western Ontario dan University of Windsor.

Dilansir The Globe and Mail, penelitian seismograf dari Natural Resources Canada mengungkapkan suara tersebut berasal dari Pulau Zug yang ada di sungai, yang masuk ke dalam bagian AS. Di pulau ini, AS membangun sebuah pabrik pada waktu yang hampir bersamaan dengan waktu hum di Windsor itu pertama kali muncul.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan oleh pemerintah Kanada, dengan judul 'Investigation of the Windsor Hum', yang dipimpin oleh Dr. Colin Novak beserta peneliti lain, yakni Jeremy Charbonneau dan Peter D'Angela.

Belum ada penjelasan untuk hum di Indonesia

Sementara itu, hum yang terjadi di Pekalongan belum ada penjelasan yang memuaskan mengenai penyebab munculnya suara misterius itu. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan tidak ada penjelasan ilmiah mengenai hal tersebut. Dia belum bisa memastikan akurasi rekaman suara tersebut, dan tak bisa mengaitkannya dengan fenomena alam apa pun.

Sama seperti Thomas, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko, juga mengatakan pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan asal suara tersebut.

Baca juga: Misteri Suara Aneh yang Muncul di Langit Pantura, Jawa Tengah

Related

World's Fact 6716303063156414127

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item