Misteri di Balik Keberadaan Orang-orang Berkulit Biru

Misteri di Balik Keberadaan Orang-orang Berkulit Biru

Naviri Magazine - Dalam serial film X-Men, kita mengenal sosok Mystique, wanita mutan yang berkulit biru. Kita menganggapnya aneh, begitu pula orang-orang di sekitar Mystique. Bahkan konon keluarga Mystique sampai mengusirnya karena pihak keluarga malu memiliki anak dengan wujud aneh seperti Mystique.

Ternyata, di dunia nyata juga ada orang-orang berkulit biru. Meski orang-orang itu tidak memiliki kekuatan mutan seperti Mystique, namun kulit mereka berwarna biru. Sekali lagi, orang-orang menganggapnya aneh, karena rata-rata kulit manusia umumnya berwarna hitam, cokelat, putih, atau di antara warna tesebut.

Pada tahun 1820, ada seorang pria asal Prancis, bernama Martin Fugate. Karena menerima tanah hibah, ia lalu tinggal di sebelah timur Kentucky, yang dikenal dengan nama Troublesome Creek.

Martin menikahi wanita asal Amerika, Elizabeth Smith, yang berambut merah dan berkulit sangat putih. Keluarga Fugate memiliki 7 anak, dan 4 diantaranya berkulit biru.

Keluarga ini bertambah jumlahnya, karena sesama anggota keluarga Fugate menikahi satu sama lain. Pernikahan antar sepupu kerap terjadi, meski keluarga Fugate juga menikah dengan keluarga-keluarga tetangga mereka.

Komunitas itu hidup terpencil di daerah yang belum memiliki infrastruktur. Anak-anak Martin yang berkulit biru akhirnya menikah dengan saudara dari ibu mereka. Zachariah, seorang anak berkulit biru, menikah dengan saudara kandung sang ibu, dan menghasilkan kombinasi gen yang 100 tahun kemudian menjadi penyebab kelahiran Benjy Stacy dengan warna kulit biru-keunguan!

Saat dokter keluarga terheran-heran melihat kondisi Benjy. Dia diberi penjelasan mengenai kisah nenek buyut Benjy, yaitu Luna Fugate. Keluarga mengatakan, Luna adalah perempuan yang “sangat biru”, “perempuan terbiru yang pernah ada”.

Mengapa berkulit biru?

Kelainan ini disebut methaemoglobinaemia, atau singkatnya: met-H, kondisi yang mengurangi kemampuan membawa oksigen dalam darah. Akibatnya, darah menjadi lebih gelap dari warna normal.

Kasus pada keluarga Fugate dimungkinkan karena menikah dengan tetangga dan kerabat dekat, yang menyebabkan kelainan genetik itu berlanjut.

Baca juga: Misteri Rombongan Putri Duyung yang Muncul di Laut Bering

Related

World's Fact 4416617832755352764
item