Pabrik Triangle dan Kasus Kebakaran Terburuk di Amerika

Pabrik Triangle dan Kasus Kebakaran Terburuk di Amerika

Naviri Magazine - Pabrik Triangle ada di Greene Street, New York, dan memiliki sepuluh lantai, dengan tiga tingkat dipenuhi barang-barang yang sangat mudah terbakar. Sebanyak 500 orang bekerja di pabrik tersebut sebagai penjahit, dengan rentang usia dari 13 tahun hingga 23 tahun.

Mereka bekerja dari pukul tujuh atau delapan pagi, dan baru keluar dari sana pada pukul delapan malam atau lebih. Biasanya, begitu para pekerja itu masuk ke pabrik, mandor akan mengunci pintu sampai selesainya jam kerja.

Pada 25 Maret 1911, pabrik itu kebakaran. Waktu kebakaran itu terjadi, api mulai terlihat di lantai delapan. Ratusan wanita yang bekerja di sana segera berlarian dengan panik untuk dapat keluar, menggunakan tangga atau elevator. Sementara itu api terus merayap dari lantai ke lantai, hingga dalam waktu singkat nyala api telah membakar di lantai sepuluh.

Ketika upaya menyelamatkan diri dari kebakaran dianggap telah sulit dilakukan, banyak wanita yang nekat terjun dari atas gedung—memilih mati karena terbanting ke tanah, daripada terbakar hidup-hidup.

Tidak lama setelah kejadian, pemadam kebakaran tiba di lokasi, namun kebingungan menyaksikan banyaknya mayat yang tergeletak di trotoar. Mereka juga kesulitan memanjat atau memadamkan api di tingkat atas karena tangga yang mereka miliki tidak memadai.

Akhirnya, para petugas itu pun menyiapkan jaring nilon untuk menangkap orang-orang yang melompat. Namun, para wanita yang panik itu melompat secara bersamaan, sehingga jaring nilon itu robek, dan mereka tetap tewas saat membentur tanah.

Hanya dalam waktu 15 menit, sebanyak 145 pekerja telah tewas—sebagian karena terbakar, sebagian lagi karena jatuh dari lantai atas. Pemilik pabrik dan manajer perusahaan itu selamat, karena berhasil meloloskan diri dengan menaiki atap pabrik.

Ketika penyelidikan dilakukan seusai kebakaran, terungkap bahwa pemilik pabrik dan manajer itu segera melarikan diri begitu kebakaran terjadi, dan bukannya membukakan pintu keluar untuk para pekerja.

Mereka pun dituntut dengan tuduhan melakukan pembunuhan tak direncana, tapi kemudian dibebaskan. Pemilik pabrik juga diminta untuk membayar sebesar 75 dollar untuk masing-masing keluarga korban.

Kebakaran pabrik Triangle merupakan kebakaran terburuk dalam sejarah New York, dan salah satu bencana industri terburuk sepanjang masa. Kejadian itu juga menyebabkan dibentuknya sebuah komisi penyelidikan pabrik, juga aturan keamanan yang baru di tempat kerja.

Baca juga: Misteri Naskah Kuno Tibet yang Ditemukan di Lhasa

Related

World's Fact 1568753546054463695

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item