Panduan Merawat dan Membersihkan Helm di Musim Hujan

Panduan Merawat dan Membersihkan Helm di Musim Hujan

Naviri Magazine - Saat berkendara di musim hujan, yang akan terkena air hujan bukan hanya sepeda motor, tapi juga helm yang kita kenakan. Setelah kehujanan, helm pun menjadi basah dan lembap. Jika kita keliru dalam merawatnya, helm bisa mengeluarkan aroma tidak sedap, bahkan tidak menutup kemungkinan akan menarik datangnya kuman dan serangga.

Menurut Yulias Vega, salah satu teknisi di Bengkel Helm, helm yang terkena hujan jangan dijemur di bawah terik matahari. Sebab, bisa merusak lapisan busa atau styrofoam helm yang menjadi pelindung kepala.

"Jika terkena panas langsung, maka styrofoam tersebut bisa rusak dan hilang kelenturannya," kata Yulias.

Menurut dia, proses pengeringan helm yang basah secara benar adalah menggunakan kipas angin. Hal ini sekaligus untuk menghilangkan kelembapan dari helm. Tak hanya itu, helm juga sebaiknya diletakkan terbalik setelah digunakan.

"Itu untuk membuang panas yang bisa merusak helm," ucapnya.

Sementara Anda juga harus memperhatikan usia pakai helm, jangan lebih dari lima tahun. “Bahkan untuk helm yang dipakai setiap hari, usianya bisa lebih cepat, hanya sekitar 2 tahun," ujar dia.

Usia helm memengaruhi kelenturan busa. Juga melihat faktor risiko yang terjadi, misal helm pernah terjatuh. Helm yang pernah terjatuh, menurut Yulias, sebaiknya langsung diganti.

"Sebaiknya setelah jatuh sekali ganti saja. Karena kalau jatuh, misalnya, berat 10 kilogram akan mendapat tekanan lebih dari 10 kilogram."

Selain itu, Anda harus memperhatikan agar helm tidak terkena sinar matahari langsung saat menyimpannya. Sering dan lama terkena sinar matahari dapat membuat umur helm berkurang.

Jika setelah dipakai, misal, berada di lokasi parkir luar ruangan, sebaiknya helm diletakkan di bagasi motor, atau diberi bungkus kain atau ke penitipan helm.

Menurut Dani Sena, pemilik Boss Bikers, ketika helm terlalu sering terkena sinar matahari langsung, hal pertama yang akan rusak di bagian liner helm, atau karet luar akan cepat terkelupas.

"Kalau sering terkena sinar matahari, umur helm itu tidak akan lama waktunya," kata Dani.

Membersihkan helm dapat dilakukan sendiri, dan cukup mudah. Anda hanya tinggal mencopot busa dari helm, dan mencuci dengan air sabun. Lalu, bagian luar helm dapat dilap dengan kain basah, dan dikeringkan. Bagian luar helm dapat juga dipoles dengan cairan semir helm, sehingga lebih awet dan mengilap.

Dengan teratur membersihkan helm, maka dapat mencegah dan menghindari helm menjadi sarang serangga seperti kecoak, yang tentu dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

Busa menjadi bagian penting dari helm yang harus dijaga kebersihannya. Oleh karena busa menyerap air, jika basah terkena air hujan maka harus segera dikeringkan. Sebab, jika tidak, busa dapat menimbulkan aroma tengik dan lembap. Selain mengganggu penampilan, kondisi ini juga membuat jamur dapat berkembang di sana.

Untuk menghilangkan aroma tidak sedap, Anda dapat mencuci busa dan seluruh bagian helm menggunakan air hangat. Cuci berulang kali dengan air yang dicampur sampo bayi. Setelah itu, langkah terakhir bilas kembali dengan air hangat dan keringkan.

Untuk menjaga agar helm tidak menimbulkan aroma kurang sedap, Anda juga bisa menaruh silica gel di dalam helm. Jolie Kerr, seorang ahli pembersih dan kolumnis untuk Esquirer, memberi tip sederhana untuk menghilangkan noda dan bau pada helm.

“Untuk menghilangkan noda pada bagian luar helm atau kaca, cukup gunakan alkohol dan kain. Gosok lembut pada bagian bernoda,” ujar Kerr.

Sementara jika Anda termasuk dalam kategori orang yang malas membersihkan helm, maka berikan beberapa semprotan cuka putih. Atau, jika ada, semprotkan sedikit vodka pada bagian dalam helm. Trik ini dapat menolong Anda, karena terbebas dari aroma tidak sedap.

Tip lain dari Jolie adalah jika rambut Anda terkena imbas dari aroma tidak sedap helm.

“Tentu saja Anda harus mencuci rambut dan helm untuk menghilangkan bau, tetapi jika itu darurat, Anda bisa membalurkan sampo kering ke rambut. Ini bersifat sementara, setidaknya menyelamatkan Anda dari situasi penting tanpa terganggu aroma helm yang melekat ke rambut. Ada banyak pilihan sampo kering di luar sana," urainya.

Baca juga: Mengenal Cara Kerja Busi di Mobil dan Sepeda Motor

Related

Tips 6985495320702868966

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item