Makhluk-makhluk Penghuni Bumi Sebelum Munculnya Nabi Adam

Makhluk-makhluk Penghuni Bumi Sebelum Munculnya Nabi Adam

Naviri Magazine - Sebelum munculnya Nabi Adam di muka bumi, adakah makhluk lain yang telah menghuni bumi? Jawabannya ada, tapi bukan dari golongan manusia. Karena itulah kemudian Allah menciptakan Nabi Adam sebagai khalifah atau pemmpin di muka bumi.

Mengenai penciptaan Adam sebagai khalifah di muka bumi, diungkapkan dalam Al-Qur'an:

"...dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat; ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi’. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): ‘Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?’ Tuhan berfirman: ‘Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya.’" —Al-Baqarah 2:30

Menurut syariat Islam, Adam tidak diciptakan di bumi, tetapi diturunkan di muka bumi sebagai manusia, dan diangkat (ditunjuk) Allah sebagai khalifah (pemimpin/pengganti/penerus) di muka bumi, atau sebagai makhluk pengganti yang sebelumnya sudah ada makhluk lain. Maka, dengan kata lain, Adam 'bukan makhluk berakal pertama yang memimpin di bumi.

Dalam Al-Quran disebutkan tiga jenis makhluk berakal yang diciptakan Allah, yaitu manusia, jin, dan malaikat. Manusia dan jin memiliki tujuan penciptaan yang sama, oleh karena itu sama-sama memiliki akal yang dinamis dan nafsu, namun hidup pada dimensi yang berbeda.

Sedangkan malaikat hanya memiliki akal yang statis dan tidak memiliki nafsu, karena tujuan penciptaannya sebagai pesuruh Allah. Tidak tertutup kemungkinan bahwa ada makhluk berakal lain selain ketiga makhluk ini.

Dari ayat Al-Baqarah 30, banyak mengundang pertanyaan, siapakah makhluk yang berbuat kerusakan yang dimaksud oleh malaikat pada ayat di atas.

Surah Al Hijr ayat 27 berisi:

"...dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas." —Al-Hijr 15:27

Dari ayat ini, ulama berpendapat bahwa makhluk berakal yang dimaksud tidak lain adalah jin, seperti dalam kitab tafsir Ibnu Katsir yang mengatakan: "Yang dimaksud dengan makhluk sebelum Adam diciptakan adalah jin yang suka berbuat kerusuhan."

Menurut salah seorang perawi hadits yang bernama Thawus al-Yamani, salah satu penghuni sekaligus penguasa/pemimpin di muka bumi adalah dari golongan jin.

Baca juga: Nabi Adam Adalah Makhluk Cerdas, Bukan Manusia Purba 

Related

Moslem World 1610202440423948992

Recent

item