Apa Perbedaan Astronot dan Kosmonot? Ini Jawabannya

 Apa Perbedaan Astronot dan Kosmonot? Ini Jawabannya

Naviri Magazine - Sebenarnya, secara prinsip, astronot maupun kosmonot tidak ada bedanya. Astronot artinya penjelajah bintang, sedangkan kosmonot artinya penjelalajah kosmos. Secara fungsional keduanya sama. Namun, kadang masing-masing negara menggunakan penyebutan yang berbeda.

Amerika, misalnya, menyebut awak antariksanya dengan nama astronot. Rusia menyebut awak antariksanya dengan nama kosmonot. Sedangkan Prancis menyebut awak antariksanya dengan nama Spacenot (penjelajah ruang angkasa). Namun, semua hanya perbedaan sebutan, sedang tugas dan fungsinya sama.

Apa yang disebut Proyek NEO?

Proyek NEO, atau proyek Near-Earth Object, adalah proyek internasional yang dipelopori Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Jepang, yang ditujukan untuk menyelidiki dan memetakan objek-objek luar angkasa yang diklasifikasikan sebagai NEO.

NEO adalah benda-benda angkasa yang rata-rata merupakan asteroid besar yang bergerak dan memiliki diameter minimum 1 kilometer yang terpengaruh oleh gravitasi planet-planet terdekat, sehingga orbitnya akan mendekati orbit Bumi pada jarak yang dekat pada waktu tertentu.

Umumnya, NEO terdiri atas asteroid dengan diameter lebih kecil dari 50 meter, meteorid, dan komet.

Baca juga: Mengenal Komet, Benda Langit yang Mengelilingi Matahari

Related

Science 7566903804614984434

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item