Panduan Memahami Perbedaan Kamera DSLR dengan Mirrorless

Panduan Memahami Perbedaan Kamera DSLR dengan Mirrorless

Naviri Magazine - Kamera, sebagaimana ponsel, sudah menjadi barang bawaan banyak orang. Ke mana pun pergi, kamera selalu ada di tas. Pasalnya, banyak orang yang tidak ingin kehilangan moment indah atau penting, dan ingin mengabadikannya dalam foto-foto cantik yang bisa dipamerkan di media sosial.

Saat ini, ada dua jenis kamera yang paling diminati, Digital Single Lens Reflex (DSLR) dan mirrorless. Kedua kamera ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Jika kamu seorang fotografer pemula yang hendak membeli kamera, ulasan perihal perbedaan kamera DSLR dan mirrorless berikut ini pas untuk disimak, agar tidak salah beli.

Apa itu kamera DSLR dan mirrorless?

Kamera DSLR adalah jenis kamera yang menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke jendela bidik (viewfinder), sehingga kamu akan melihat persis apa yang dilihat kamera secara optikal.

Sementara itu, kamera mirrorless tidak memiliki cermin. Hal ini membuat gambar atau cahaya dari lensa langsung menuju sensor, seperti kamera pocket atau smartphone. Lensa pada kamera mirrorless juga dapat dilepas dan diganti seperti DSLR.

Varian lensa

Kamera DSLR memiliki lebih banyak varian lensa dibanding kamera mirrorless. Kamera DSLR dapat dihubungkan dengan beragam jenis lensa, mulai dari lensa fish eye, tele, wide angle, dan masih banyak lagi.

Kamera mirrorless tidak memiliki varian sebanyak DSLR, tetapi beberapa produsen jenis kamera ini sudah banyak yang memproduksi lensa dengan berbagai varian.

Viewfinder

Viewfinder pada kamera DSLR disebut dengan Optical Viewfinder (OVF). Keunggulan OVF adalah bisa melihat gambar langsung secara optikal, lebih jernih, dan responsif.

Pada kamera mirrorless, kamu hanya bisa melihat preview gambar di layar LCD atau Electronic Viewfinder (EVF). Sayangnya, jika melihat LCD pada siang hari, terkadang gambar akan sulit terlihat, akibat pantulan sinar matahari. Keunggulan EVF adalah preview gambar akan sama seperti hasil jepretan yang akan disimpan.

Auto fokus

Karena kamera DSLR menggunakan mekanisme cermin, proses autofokusnya lebih cepat dibanding kamera mirrorless. Beberapa kamera mirrorless kekinian sudah ada yang dilengkapi kemampuan autofokus yang lebih cepat. Namun, harganya jauh lebih mahal.

Ukuran dan berat

Perbedaan yang paling mencolok adalah ukuran dan beratnya. Keberadaan cermin dan mekanisme shutter kamera DSLR membuatnya jauh lebih berat dan besar. Sementara itu, kamera mirrorless yang tidak membutuhkan cermin, memiliki ukuran yang lebih kecil dan sederhana, sehingga mirrorless lebih mudah untuk dibawa.

Daya tahan baterai

Dengan ukuran body yang lebih besar, kamera DSLR dapat menampung baterai yang berkapasitas besar pula. Bahkan, kamu bisa memotret seharian tanpa takut kehabisan baterai, sedangkan baterai kamera mirrorless jauh lebih boros. Hal ini karena desain body-nya yang ramping, sehingga kapasitas baterainya lebih kecil.

Nah, itu perbedaan antara kamera DSLR dan mirrorless. Untuk urusan mana yang lebih bagus, semua tergantung kebutuhanmu.

Jika kamu tipe orang yang sering berpergian dan membutuhkan kamera yang ringan dan sederhana, kamera mirrorless bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, jika kamu membutuhkan kamera dengan kualitas gambar dan kecepatan yang baik, serta varian lensa yang beragam, kamu bisa memilih kamera DSLR.

Baca juga: Waduh, Ternyata Internet Malah Bikin Kita Jadi Bodoh

Related

Technology 3904387419814353550

Recent

item