Pernikahan Mewah dan Mahal Akan Segera Dilarang di Negara Ini

 Pernikahan Mewah dan Mahal Akan Segera Dilarang di Negara Ini

Naviri Magazine - Pernikahan sebenarnya hal biasa, dalam arti sesuatu yang dilakukan oleh semua orang yang menikah. Namun, banyak orang ingin acara pernikahannya sangat mewah, hingga harus mengeluarkan biaya sangat mahal. Akibatnya, acara pernikahan yang mestinya menjadi acara bagi si mempelai berubah jadi semacam jor-joran.

Fenomena semacam itu terjadi di mana-mana, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Orang sering kali sampai berutang demi bisa menyelenggarakan pesta perkawinan yang mewah dan meriah. Hal itu, belakangan, membuat pemerintah Cina gerah, dan mereka mempersiapkan pelarangan acara pernikahan yang mewah semacam itu.

Jeratan utang adalah satu dari setumpuk alasan yang membuat pemerintah Cina gerah terhadap budaya nikah mewah. Baru-baru ini mereka berencana akan membakukan aturan yang akan membuat pernikahan di Cina lebih sederhana.

Time melaporkan, pernikahan super mewah bertentangan dengan nilai-nilai inti sosialisme, doktrin utama negara. Fenomena tersebut juga mereka nilai sebagai cerminan menurunnya nilai-nilai moralitas yang berlaku di masyarakat.

“Kita harus mengintegrasikan nilai-nilai utama sosialis ke dalam konstruksi pernikahan dan keluarga. Dengan demikian, adat pernikahan bisa merefleksikan nilai-nilai negara dengan lebih baik,” kata Menteri Urusan Sipil dalam sebuah konferensi nasional di Kota Jinan, Provinsi Shandong, Cina bagian timur.

Satu poin menarik lain yang jadi kritikan pemerintah adalah budaya perploncoan kepada kedua mempelai. Aktivitas ini adalah tradisi lama yang konon bisa mengusir arwah jahat. Namun dalam beberapa tahun terakhir, pelaksanaannya makin ekstrem, hingga ada yang menyeret korban jiwa.

Contohnya kasus kematian seorang pengantin perempuan berusia 28 tahun di Wenchang, Provinsi Hainan, pada September 2016. Merujuk China Daily, ia dipaksa minum-minuman keras dalam jumlah yang terlalu banyak oleh kawan-kawannya, lalu hilang kesadaran.

Saat dilarikan ke rumah sakit, petugas kesehatan setempat tak mampu menyelamatkan nyawa si pengantin. Investigasi kepolisian menyebut korban tersedak akibat terlalu banyak menelan alkohol, lalu tercekik muntahannya sendiri.

Baca juga: Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Perjanjian Pranikah

Related

World's Fact 5093574660238363548
item