Kisah Pertama Kalinya Manusia Mengenal Api di Muka Bumi

Kisah Pertama Kalinya Manusia Mengenal Api di Muka Bumi

Naviri Magazine - Bagaimana manusia menemukan api? Para ahli arkeologi telah menemukan bukti berupa arang dan sisa-sisa tulang yang hangus di antara bebatuan, yang usianya ribuan tahun. Artinya, api telah dikenal manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Namun, bagaimana manusia menemukan api belum bisa dipastikan.

Kemungkinan besar, manusia purba sudah tahu cara menggunakan api, sebelum mereka memahami cara membuatnya. Misalnya, ketika ada kilat yang menyambar pohon dan kemudian membakarnya, manusia dapat menggunakan api yang muncul dan menjaganya agar tetap menyala.

Manusia purba pada waktu itu tentu juga memperhatikan loncatan bunga api yang terjadi ketika mereka tak sengaja membenturkan batuan yang lepas. Meski begitu, kecil kemungkinan mereka segera memahami bahwa gesekan dua batu yang dibenturkan akan menciptakan loncatan bunga api.

Yang jelas, api pertama yang dihasilkan manusia bukan karena kesengajaan, melainkan hasil proses panjang sampai beberapa generasi.

Baca juga: Babilonia, Bangsa Hebat di Zaman Kuno yang Kini Punah

Related

Science 4811961758045592004

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item