Pesan Christian Sugiono Terkait Membangun Startup yang Sukses

Pesan Christian Sugiono Terkait Membangun Startup yang Sukses

Naviri Magazine - Christian Sugiono lebih dulu dikenal sebagai aktor Indonesia. Dia telah membintangi beberapa film, dan kerap pula menjadi bintang iklan. Selain menjadi aktor, Christian Sugiono juga aktif di dunia bisnis digital. Karenanya, selain memahami dunia hiburan, dia juga menguasai pengetahuan terkait bisnis digital dan usaha rintisan atau startup.

Kalau kamu kebetulan juga sedang merintis usaha tertentu, kamu bisa mempelajari pesan Christian Sugiono terkait hal tersebut. Christian menyorot beberapa poin yang perlu kamu lakukan.

Business plan rapi

Perusahaan rintisan baru harus fokus pada apa yang sudah direncanakan. Baik 3, 5 atau 10 tahun mendatang. “Sebisa mungkin, kalau mau berubah total jangan terlalu lama. Kalau merasa dari awal akan berbeda dengan business plan, langsung ubah. Mumpung masih early. Itu hal wajar,” ujarnya.

Formasi ideal

Setidaknya, butuh tiga orang dengan kemampuan terbaik untuk menjalankan sebuah usaha. Orang tersebut akan bertanggung jawab pada penguasaan produk, orang yang ahli pemasaran dan penjualan, serta orang yang lihai manajemen atau organisasi bisnis.

Promosi

Sebelum mendapat konsumen, bisnis harus sudah punya merchant atau vendor. “Misal, besok kita akan launching. Ternyata, orang lihat barang masih kosong, ini membuat orang tidak ada yang mau pakai. Itulah alasannya kenapa kita harus sudah listing ke ribuan vendor dari tiga bulan sebelumnya. Kita daftarin supaya barangnya ada,” katanya.

Demikian, ketika launching, konsumen sudah lihat bahwa barangnya ada dan launching bisa langsung eksekusi. “Begitu strateginya. Kalau belum yakin dengan barang-barangnya, jangan berani-berani launching,” tutur suami aktris Titi Kamal itu.

Baca juga: Panduan Menciptakan Produk agar Mudah Diterima Pasar

Related

Celebrity 3228546927091869736

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item