Ini Rahasia Sehat dari Orang-orang Berusia 100 Tahun

Ini Rahasia Sehat dari Orang-orang Berusia 100 Tahun

Naviri Magazine - Mencapai usia 100 tahun, apalagi ditunjang kesehatan yang baik, adalah sebuah prestasi. Pasalnya, rata-rata orang saat ini hidup hanya sampai usia 60-70 tahun. Itu pun kadang harus ditambah aneka sakit yang harus dialami.

Jika orang-orang di perkotaan rata-rata memiliki usia 60-70 tahun, ada orang-orang di tempat-tempat tertentu yang diketahui mampu mencapai usia 100 tahun, dan mereka tetap sehat.

Kenyataan itu diungkap oleh seorang penjelajah National Geographic, yang meneliti Blue Zone Diet. Pada tahun 2004, Dan Buettner bersama sekelompok antropolog, ahli demografi, ahli epidemiologi, dan peneliti lain mencari kesamaan pola hidup orang-orang yang berumur lebih dari 100 tahun. Tujuannya untuk menemukan resep hidup panjang.

Hasil 150 survei diet dari orang-orang tersebut menghasilkan peta lima wilayah yang disebut Zona Biru. Orang-orang di wilayah ini cenderung memiliki umur hidup panjang, meski jauh terisolasi dibanding wilayah lain. Mereka adalah penduduk Ikaria di Yunani; Okinawa di Jepang; Ogliastra di Sardinia; Loma Linda di Calif; dan Semenanjung Nicoya di Kosta Rika.

Orang-orang di Zona Biru juga terdeteksi bebas dari penyakit kronis seperti jantung, obesitas, kanker, dan diabetes. Alasan paling kuat yang mendasari umur panjang mereka adalah pola makan. Mereka memiliki pola makan tradisional, persis seperti era sebelum makanan cepat saji, berminyak, dan gula membanjiri cita rasa kita.

Kuncinya adalah pola makan berbasis tanaman. Buettner menyimpulkan beberapa resep panjang umur mereka, diantaranya menghentikan makan saat perut terisi sebanyak 80 persen. Lalu, beri porsi makanan berbasis tanaman sebesar 90-95 persen, terutama kacang-kacangan. Orang-orang di Zona Biru hanya memakan daging dalam porsi kecil, yakni 3-4 ons.

Di Okinawa, orang-orangnya mengonsumsi 90 persen nabati utuh, kurang dari 1 persen ikan, kurang dari 1 persen daging, dan kurang dari 1 persen gabungan susu dan telur. Makanan mereka banyak mengandung sayur dan kacang-kacangan. Kalori utamanya didapat dari ubi jalar ungu dan oren, yang ampuh sebagai anti inflamasi dan anti oksidan.

Baca juga: Di Masa Depan, Penyakit HIV/AIDS Akan Dapat Disembuhkan

Related

Health 6180343950712942980

Recent

item