Dari Jay Z Sampai Eminem, Inilah Rapper Terkaya di Dunia

Dari Jay Z Sampai Eminem, Inilah Rapper Terkaya di Dunia

Naviri Magazine - Menjadi kaya memang bisa datang dari mana saja, termasuk dari profesi penyanyi rap. Dunia mengenal beberapa penyakir rap yang tidak hanya sukses dan terkenal, namun juga kaya-raya. Kekayaan mereka datang dari profesinya sebagai penyanyi rap, juga dari berbagai profesi lain yang mereka geluti, termasuk dari bisnis yang mereka bangun.

Berikut ini adalah daftar penyanyi rap yang diketahui memiliki harta atau penghasilan terbesar, yang menjadikan mereka sebagai rapper terkaya di dunia.

Jay Z, 930 juta dolar AS (Rp13,8 triliun)

Selain penyanyi rap, Jay Z merupakan seorang pengusaha dari Brooklyn, New York, Amerika. Wajar jika ia didaulat sebagai rapper terkaya dunia, dengan jumlah kekayaan mencapai 930 juta dolar AS atau sekitar Rp13,8 triliun.

Beberapa bisnis yang digeluti Jay Z mulai dari perusahaan rekaman Roc-A-Fella, yang dibangunnya pada 1996. Di perusahaan rekaman tersebut, Jay Z sukses meluncurkan album Reasonable Doubt pada tahun yang sama.

Sambil berkarir sebagai penyanyi rap, rupanya insting bisnis Jay Z terus diasah. Ia mencoba membeli saham klub basket NBA, Nets, pada 2003. Pada saat itu investasi yang dikucurkan mencapai satu juta dolar AS. Pada 2013, saat sahamnya dijual, ia mendapatkan untung 135 persen.

P Diddy, 855 juta dolar AS, (Rp12,7 triliun)

Rapper Puff Diddy atau P Diddy dikenal sebagai penyanyi paling kaya di dunia. Saat ini, total kekayaannya mencapai sekitar 855 juta dolar AS atau sekitar Rp12,7 triliun. Sebelumnya, Diddy merupakan penyanyi paling tajir di dunia sebelum disalip Jay Z.

Sumber-sumber pendapatan Diddy berasal dari perusahaan rekaman Bad Boy Records. Beberapa artis yang sukses diorbitkan dari perusahaan rekamannya tersebut antara lain Bow Wow, French Montana, Cassie, Machine Gun Kelly, dan artis lainnya.

Dr. Dre, 820 juta dolar As, (Rp12,2 triliun)

Andre Young alias Dr. Dre merupakan rapper senior yang menjadi panutan bagi generasi rapper saat ini. Berkarir sejak tahun 80-an, Dr. Dre bukan hanya jago bernyanyi di atas panggung. Ia juga sukses jadi produser, penulis lagu, dan jadi pebisnis.

Tahun 2014 menjadi tahun bersejarah bagi Dr. Dre, hingga ia dinobatkan sebagai rapper paling kaya. Perusahaan audio Beats Electronics yang didirikannya diakuisisi oleh Apple senilai 3 miliar dollar AS, atau sekitar Rp34,8 triliun saat itu.

Produk audio tersebut di antaranya headphones, spekaer, dan perangkat audio lainnya. Perusahaan tersebut dibangun Dre bersama koleganya, Jimmy Lovine.

Namun, secara perlahan, kekayaan Dre berkurang. Saat ini, jumlah kekayaannya mencapai 820 juta dolar AS atau sekitar Rp12,2 triliun.

Kanye West, 250 juta dolar AS, (Rp3,7 triliun)

Penyanyi kontroversial Kanye West masuk dalam daftar rapper paling tajir dengan jumlah kekayaan mencapai 250 juta dolar AS, atau sekitar Rp3,7 triliun. Pundi-pundi pendapatannya bersumber dari sejumlah bisnis yang dia geluti.

Selain bernyanyi, ternyata West meraup banyak untung dari bisnis rekamannya, dengan label G.O.O.D. Beberapa penyanyi yang menggunakan jasa rekamannya antara lain Big Sean, Lil Wayne, Beyonce, hingga Travis Scott.

West juga sukses membentangkan lini usahanya melalui clothing line Yeezy. Nama Yeezy makin berkibar setelah berkolaborasi dengan Adidas dan Nike, untuk sepatu merek Yeezy Air.

Master P, 250 juta dolar AS, (RpRp3,7 triliun)

Kekayaan Percy Robert Miller Master P setara dengan Kanye West yang mencapai 250 juta dolar As atau sekitar Rp3,7 triliun. Beberapa sumber kekayaannya berasal dari berbagai sumber seperti bisnis, penulis, produser, hingga aktor.

Master P merupakan pendiri label rekaman No Limit Records, sekaligus CEO P. Miller Enterprises. Pada 2013, Forbes mencatat Master P memiliki kekayaan sebanyak 350 juta dolar AS. Namun, jumlah tersebut tampaknya semakin tergerus para rapper lain.

Eminem, 210 juta dolar AS, (Rp3,1 triliun)

Harus diakui, rapper berkulit putih paling sukses adalah Eminem. Menjadi rapper kulit putih sempat menjadi beban tersendiri bagi Eminem. Ia tak jarang menerima risakan dari para rapper lain saat masih remaja. Namun, ia berhasil membuktikan bahwa menjadi rapper tak bisa dinilai dari warna kulit.

Saking suksesnya, Eminem berhasil memenangkan sekitar 13 penghargaan Grammy Awards sejak 1999. Karirnya langsung meroket ketika ia menelurkan album The Slim Shady pada 1999.

Eminem memang tidak seperti kebanyak rapper lain yang mendirikan banyak bisnis. Namun, meski demikian, Eminem tetap termasuk dalam daftar rapper terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan memcapai 210 juta dolar AS atau sekitar Rp3,1 triliun.

Baca juga: Pesta Pernikahan Artis Termahal, Menghabiskan Biaya Rp444 Miliar

Related

Entertaintment 8675254483877543911
item