Realme U1, Smartphone Pertama dengan Cip Baru MediaTek Helio P70

Realme U1, Smartphone Pertama dengan Cip Baru MediaTek Helio P70

Naviri Magazine - Kemampuan smartphone tidak hanya dilihat dari bagian luarnya, tapi juga bagian dalamnya yang tak terlihat. Kemampuan RAM, ROM, dan cip yang digunakan, misalnya, adalah hal-hal yang akan ikut menentukan kemampuan smartphone, termasuk gaming, perekaman video, dan lain-lain.

Dalam hal ini, Realme U1 pantas disebut karena menjadi smartphone pertama yang menggunakan cip baru MediaTek Helio P70.

Setelah rilis di India, Realme membawa smartphone terbarunya, Realme U1, ke pasar Indonesia pada 10 Desember 2018. U1 menjadi smartphone keempat Realme di Indonesia, setelah Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1, yang meluncur serentak pada Oktober 2018.

Selain memiliki keunggulan di sektor kamera depan yang beresolusi 25 MP, Realme U1 menjadi smartphone pertama di dunia yang mencicipi kecanggihan prosesor terbaru dari MediaTek, yakni Helio P70. Helio P70 bakal menjadi penantang baru untuk Snapdragon 660.

“Kita sekaligus memperkenalkan prosesor helio MediaTek P70 terbaru dari Mediatek, dan pertama dipasarkan di brand Realme U1,” kata Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian, di sela acara Unboxing Realme U1 di Jakarta, Senin (3/12).

MediaTek Helio P70 diklaim memiliki peningkatan mesin kecerdasan buatan (artifial intelligence/AI) yang lebih kuat. Prosesor ini juga diklaim memiliki kinerja yang lebih efisien dan optimal.

“Kelebihannya, kalau dibandingkan dengan Helio P60, seperti yang digunakan oleh brand-brand lainnya, itu lebih cepat 10 sampai 13 persen performance-nya. Dia untuk konsumsi dan efisiensinya lebih besar 13 persen. Gak hanya itu, dia juga medukung AI,” jelas Felix.

Keuntungan Realme U1 menggunakan prosesor ini ialah menghadirkan pengolahan gambar lebih cepat dan me-render efek bokeh secara real-time, serta mengurangi noise pada gambar multi-frame. Selain itu, chipset ini juga menghadirkan pengalaman gaming stabil di angka 60 frame per detik, berkat fitur optimasi game.

Didukung dengan prosesor terbaru dari MediaTek, Realme U1 juga hadir dengan dua varian RAM dan memori internal, yakni 3 GB/32 GB dan 4 GB/64 GB. Realme juga menyematkan slot microSD yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas kapasitas media penyimpanan Realme U1 hingga 256 GB.

Untuk spesifikasi kamera depan, Realme U1 memiliki resolusi sebesar 25 MP dengan sensor Sony IMX576 dan bukaan lensa f/2.0, yang diklaim memiliki performa sangat baik saat menangkap gambar dalam kondisi minim cahaya.

Sedangkan kamera belakangnya mengusung kamera ganda dengan konfigurasi masing-masing 13 MP dan bukaan lensa f/2.2, serta 2 MP dan bukaan lensa f/2.4. Di sekitar kamera belakang terdapat LED Flash dan sensor sidik jari.

Realme U1 mengusung desain bodi yang mirip dengan Realme 2 Pro, karena sama-sama memiliki notch atau poni mungil seperti tetesan air di atas layar. Untuk layarnya berukuran 6,3 inci, beresolusi FullHD, aspek rasio 19,5:9, rasio layar ke bodi 90,8 persen, dan dilapisi Corning Gorilla Glass generasi ketiga.

Untuk varian warnanya, Realme U1 hadir dalam tiga pilihan, yakni Ambitious Black, Fiery Gold, dan Brave Blue. Realme U1 akan segera diluncurkan pada 10 Desember mendatang, dan penjualan online-nya dilakukan di e-commerce Shopee.

Baca juga: Vivo V11 Pro, Smartphone dengan Kamera Super Canggih

Related

Smartphone 5645481187468076150
item