Perlu Tahu, Kondisi Rem Motor Perlu Dicek 2 Bulan Sekali

Perlu Tahu, Kondisi Rem Motor Perlu Dicek 2 Bulan Sekali

Naviri Magazine - Apa jadinya jika kendaraan tanpa rem? Tentu bisa bablas, dan kita menabrak apa saja yang ada di depan. Karenanya, rem menjadi peranti wajib bagi semua kendaraan. Kinerja pengereman yang baik, mampu melambatkan laju atau menghentikan kendaraan. Sebaliknya, komponen pengereman yang tidak baik, bisa menyebabkan celaka.

Seperti komponen lain pada kendaraan, pengereman menjadi peranti yang rutin dicek, dan salah satu komponen utama pengereman yang harus diperiksa adalah kampas rem.

Tidak selalu harus dibawa ke bengkel, pengendara atau pemilik motor wajib mengetahui gejala awal kondisi kampas rem mulai memburuk.

Menurut Juki, penggawa R59 Matic Shop, komponen pengereman setidaknya perlu diperiksa 2 bulan sekali, untuk mengetahui kondisi seluruh komponen pengereman dalam keadaan baik atau sebaliknya.

“Paling enggak sih cek pengereman bagian depan, 2 bulan sekali. Kalau rem belakang yang masih tromol, justru itu harus rutin dicek. Karena kan kalau cuci atau hujan, air sama kotoran masuk ke sela-sela tromol, nah itu yang harus dibersihkan. Kalau rem cakram, kan bisa kelihatan sama diraba juga piringannya, udah kemakan apa belum,” ujar Juki.

Namun, ada cara lain untuk mendeteksi utamanya kampas rem wajib diganti, salah satunya dengan merasakan tuas rem sudah dalam.

“Gampangnya sih, kalau udah ngerasain rem depannya dalam, dan mulai agak ngempos, itu langsung ganti deh, enggak ditunda-tunda. Kalau gelajanya kaya gitu, kampas rem sudah pasti tipis. Beda sama rem tromol, itu lengan ayun remnya masih bisa dikencengin, biar makin gigit remnya,” tambah Juki.

Selain itu, pengereman yang tidak pakem juga dapat menjadi indikasi kampas rem harus diganti, meski baru mengganti kampas rem.

“Ada juga kalau ngerasa direm dia enggak dalam, cuma enggak pakem. Bisa sih berhenti, cuma dia berhentinya butuh waktu lama. Nah itu kan bahaya, harus segera ganti kampas rem sama yang baru,” tutur Juki.

Baca juga: Agar Selamat, Perhatikan Ini Saat Akan Menyalip Truk atau Bus

Related

Automotive 5233472599503506228

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item