Resolusi Keuangan yang Perlu Diperhatikan di Akhir Tahun

Resolusi Keuangan yang Perlu Diperhatikan di Akhir Tahun

Naviri Magazine - Biasanya, resolusi identik dengan awal tahun. Meski begitu, resolusi terkait keuangan perlu disiapkan sejak akhir tahun sebelumnya, sehingga di awal tahun baru nanti tinggal melanjutkan.

Desember identik dengan berburu kado untuk Natal maupun liburan akhir tahun. Terlepas dari semua hal-hal menyenangkan tersebut, Anda tidak boleh lupa untuk mempersiapkan rencana keuangan untuk setahun ke depan. Bila bingung memulainya, Anda bisa mulai dari beberapa hal berikut.

Evaluasi pengeluaran

Desember adalah bulan berisiko. Banyak hal yang berpotensi menjadi pengeluaran. Karena itu, Anda harus benar-benar bisa memilah mana kebutuhan dan keinginan. "Bila ingin lebih banyak menabung di 2019, segera mulai di Desember 2018. Jangan hanya menuruti keinginan," kata perencana keuangan, Khalfani-Cox, dikutip Bankrate.

Memetakan keuangan

Petakan keuangan, mulai dari tabungan, investasi, dan utang. Dengan demikian, Anda punya dasar terkait untuk target tahun depan. "Uang Anda akan memperlihatkan apa yang akan Anda dapat di tahun depan," sebut Financial Educator Ash Exantus.

Mimpi keuangan

Bila tahun ini rencana membayar uang muka rumah gagal karena uang yang kurang, lanjutkan di tahun depan. Ubah menjadi tindakan nyata, seperti menabung 10 persen lebih banyak tiap bulan dari 2018.

Layanan autodebet

Arus kas adalah nadi pengelolaan keuangan. Agar arus kas sehat, gunakan fasilitas standar bank, seperti autodebet. "Kenyataannya, banyak orang gagal mengelola keuangan karena pengelolaan manual," sebut Ash.

Cari pendapatan tambahan

Ada banyak cara bisa Anda tempuh. Misal, ambil kerja paruh waktu di waktu luang. Atau, mulailah merintis bisnis dari hobi. Alternatif lain adalah dengan investasi.

Baca juga: Ini 3 Keuntungan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Related

Money 8722833117008325038
item